logo seputarnusantara.com

Sengketa Perbatasan RI – Malaysia, Komisi I DPR RI Akan Panggil Menlu

24 - Aug - 2010 | 04:05 | kategori:Pertahanan

DPRJakarta. Seputar Nusantara. Komisi I DPR akan mengundang tiga petugas Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) terkait insiden penahanan yang dilakukan otoritas Diraja Malaysia sepekan lalu. Komisi I berharap mendapatkan banyak informasi tentang kronologi insiden di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia itu. “Setelah rapat paripurna, kita mau panggil 3 petugas DKP. Kita mau mintai penjelasan dan klarifikasi seputar lokasi penangkapan petugas kita,” kata anggota Komisi I, Max Sopacua, Selasa (24/8/2010).

Max mengatakan, Komisi I berharap petugas DKP tersebut bersedia menjelaskan secara rinci, apakah benar terjadi pelanggaran oleh nelayan Malaysia. “Apa benar nelayan Malaysia masuk wilayah kita. Sekaligus kita juga minta kejelasan soal penembakan kapal kita (oleh polisi Malaysia),” jelas Max.

Setelah mendengarkan keterangan 3 petugas DKP ini, selanjutnya Komisi I akan mengkroscek seluruh keterangan mereka pada Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa. Marty rencananya akan memenuhi undangan Komisi I, Rabu (25/8) besok.

“Keterangan itu akan kita kroscek dengan Menlu, kita dengar dulu jawaban dari Menlu,” imbuh politisi senior Partai Demokrat ini.

Max menambahkan, usulan interpelasi sebaiknya jangan terburu-buru dilakukan. Usulan itu menurutnya bukan jawaban terakhir atas penyelesaian masalah ini. “Itu masih terlalu jauh,” tandasnya. (dtc/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Pertahanan | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.