logo seputarnusantara.com

Endre Saifoel : Komisi VII DPR Dukung Skema Subsidi Tertutup Elpiji 3 Kg

Endre Saifoel : Komisi VII DPR Dukung Skema Subsidi Tertutup Elpiji 3 Kg

H. Endre Saifoel, Anggota Komisi VII DPR

28 - Sep - 2016 | 12:10 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Untuk menutupi kebocoran subsidi penggunaan elpiji 3 kg, Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggunakan skema subsidi tertutup.

Dengan skema ini diharapkan bisa menekan kebocoran subsidi sebesar 10 hingga 15 persen.

Menanggapi hal ini, Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai NasDem H. Endre Saifoel mendukung langkah pemerintah yang menggunakan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) terkait daftar penduduk penerima subsidi.?

Dengan data ini, dana subsidi akan menyasar kepada 26 juta rumah tangga sasaran dan 2,3 juta pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

” Mau tidak mau langkah ini harus diambil oleh Pemerintah, jika tidak akan selalu terjadi kebocoran,” kata Endre saat ditemui di ruang kerjanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (27/09/2016).

Endre menjelaskan, dalam pembahasan RAPBN 2017 dengan DPR, Pemerintah mengajukan kenaikan subsidi terhadap gas ukuran melon ini hingga Rp 7 trilliun. Tentunya, kenaikan angka ini dinilai cukup besar di saat beberapa sektor Kementerian mengalami pemangkasan anggaran. Maka, dia mengungkapkan, sudah semestinya kenaikan itu harus diimbangi dengan pendistribusian yang tepat.

Dalam pengamatan Endre, dalam pendistribusian elpiji bersubsidi selama ini masih banyak ditemukan salah sasaran.

” Sekarang ini elpiji 3 Kg malah banyak dikonsumsi juga oleh masyarakat dari kalangan mampu, rumah makan (restoran) dan industri,” tutur legislator Sumatera Barat ini.

Padahal, keberadaan subsidi diperuntukkan bagi masyarakat yang kurang mampu.

Oleh karena itu adanya skema tersebut diharapkan pola pendistribusian elpiji yang tidak tepat sasaran tidak terulang.

” Tentunya kami apresiasi jika Pemerintah ingin agar subsidi ini fokus dan tepat sasaran,”pungkasnya.

Sebelumnya, dalam rapat tanggal 20 September 2016 yang lalu, Badan Anggaran (Banggar) DPR telah menyetujui subsidi gas elpiji ukuran 3 Kg sebesar Rp 20 trilliun dalam RAPBN 2017. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline