logo seputarnusantara.com

Sulaeman Hamzah : Kami Apresiasi Pemerintah Bisa Jaga Stabilitas Pangan

Sulaeman Hamzah : Kami Apresiasi Pemerintah Bisa Jaga Stabilitas Pangan

H. Sulaeman Hamzah, Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Dapil Papua

24 - Okt - 2016 | 19:37 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Stabilitas produksi dan harga pangan menjadi salah satu fokus di awal pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK).

Dari 12 komoditas strategis, ada yang menunjukkan perkembangan positif, namun ada juga yang perlu dibenahi lebih lanjut.

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, menjelaskan untuk beras dipastikan tidak ada impor pada tahun ini.

Stok yang tersedia sekarang adalah dua juta ton. Harga yang tersedia di pasar juga cukup stabil.

Stok sampai hari ini beras 2 juta ton dan cukup sampai Mei 2017 untuk rastra (beras sejahtera), dan tidak ada masalah

Menurut H. Sulaeman L. Hamzah, Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, dirinya mengapresiasi prestasi yang telah diraih oleh Kementerian Pertanian RI.

” Kementerian Pertanian sekarang ini jauh lebih maju dari tahun- tahun sebelumnya. Memang ada kontroversi kalau kita lihat di media, antara Badan Statistik dengan Kementerian Pertanian, ada selisih data,” ungkap Sulaeman Hamzah kepada seputarnusantara.com di Gedung Nusantara 1 DPR- Senayan, pada Senin 24 Oktober 2016.

Sulaeman memaparkan bahwa setelah dilakukan penelitian ulang dan dilakukan klarifikasi, cadangan beras saat ini mencapai 2 Juta ton. Sehingga cadangan beras tersebut bisa mencukupi kebutuhan nasional sampai bulan Mei 2017.

” Kebutuhan beras nasional saat ini masih dibawah 2 juta ton. Sehingga mencukupi sampai tahun depan, ditambah dengan panen padi pada masa mendatang, sehingga untuk beras kita tidak perlu ada impor, karena sangat mencukupi,” terang Sulaeman, Anggota DPR dari Dapil Papua ini.

Kemudian, lanjutnya, soal jagung, produksi kita melimpah. Sehingga impor jagung menurun dari tahun sebelumnya, bahkan penurunannya sampai 60%. Untuk memenuhi kebutuhan memang masih impor jagung.

” Selanjutnya untuk komoditas kedelai, produksi kita memang jalan ditempat. Kedelai memang kurang diminati oleh petani kita, sehingga produksi kedelai belum bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri. Selain harga kedelai murah, komoditas kedelai juga kualitasnya menurun disebabkan oleh pergantian iklim,” ucap Sulaeman.

Kalau target 3 tahun kedepan oleh Kementerian Pertanian mengenai komoditas Padi, Jagung dan Kedelai harus swasembada, memang yang mengalami hambatan adalah kedelai. Namun, untuk padi dan jagung bisa swasembada 3 tahun kedepan.

” Persoalan berikutnya adalah masalah beras premium, karena produksi beras premium sangat sedikit. Karena kelompok menengah keatas, mengkonsumsi beras premium, sehingga tahun- tahun kedepan harus dioptimalkan kembali,” ungkapnya.

Sulaeman menjelaskan, ada kelompok menengah keatas yang memang memerlukan beras premium, ini yang perlu ditingkatkan produksi beras premium. Untuk tahun 2017 memang ada pengurangan anggaran Kementerian/ Lembaga yang cukup signifikan. Mengenai Mitra Komisi IV DPR, khsususnya Kementerian Pertanian dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dengan anggaran yang tersedia bisa mengcover seluruh kegiatan.

” Agar stabilitas pangan dan harga terjaga, maka dibuatlah program mekanisasi dan pembangunan jaringan irigasi tersier, kemudian ada juga program pencetakan sawah baru. Nah dengan tiga hal ini, maka produktifitas pertanian akan semakin meningkat dan tentunya kualitas mutunya semakin membaik,” pungkas Sulaeman Hamzah. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline