logo seputarnusantara.com

Fadholi : Bencana Alam Adalah Kehendak Allah, Manusia Hanya Bisa Antisipasi

Fadholi : Bencana Alam Adalah Kehendak Allah, Manusia Hanya Bisa Antisipasi

Drs. H. Fadholi, Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai NasDem 2014- 2019

9 - Des - 2016 | 06:12 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Banjir dan tanah longsor sudah tidak asing lagi di tengah pembicaraan masyarakat.

Kedua bencana alam tersebut sudah seringkali melanda daerah- daerah yang ada di Indonesia.

Bencana- bencana tersebut datang ketika musim hujan mulai datang.

Kedatangan bencana tersebut sangat sering terjadi di lingkungan kita maupun daerah- daerah nan jauh di sana. Kekhwatiran pun terjadi dimana- mana akibat 2 bencana tersebut, baik dalam sektor ekonomi maupun kesehatan pada masyarakat.

Menurut Drs. H. Fadholi, Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, bahwa masalah banjir dan longsor itu adalah bencana alam yang tidak diinginkan oleh kita semua.

” Yang namanya bencana alam ini, tidak bisa diprediksi. Kalau sekedar antisipasi- antisipasi itu memungkinkan dan bisa dilakukan oleh manusia,” ungkap Fadholi kepada seputarnusantara.com di Gedung Nusantara 1 DPR RI- Senayan, pada Kamis 8 Desember 2016.

Kalau sudah kejadian alam, lanjutnya, seperti Gempa Bumi di Aceh yang terjadi Rabu kemarin, itu sudah kehendak Allah SWT. Mau kayak apapun canggihnya teknologi, kalau alam dan Allah sudah berkendak, maka pasti akan terjadi.

” Maka sekarang ini, jangan hanya teknologi yang ditonjolkan, tetapi juga benteng doa dan kekuatan dari Allah ini yang harus ditingkatkan. Kalau dalam hal bencana alam ini, kita manusia tidak bisa menolaknya, hanya bisa mengantisipasinya,” tegasnya.

Oleh karena itu, tambahnya, dalam menyikapi bencana alam ini, kita tidak bisa saling menuding satu sama lainnya. Yang penting, bagaimana kita bisa sama- sama menanggulangi bencana alam yang terjadi, sesuai dengan peran dan tanggungjawabnya masing- masing.

” Memang perlu antisipasi dan penanggulangannya, ini kalau bencana skala kecil. Tapi kalau bencana besar, mau diantisipasi kayak apapun, ya susah dilakukan, diseluruh dunia ini tumbang, karena sudah kehendak Allah. Oleh karena itu, kita harus meningkatkan doa, keimanan dan ibadah kepada Allah SWT agar dijauhkan dari bencana,” terang Fadholi.

Fadholi memaparkan, kalau antisipasi itu bisa dengan melakukan reboisasi, penanaman hutan kembali. Dengan reboisasi, maka hutan kembali rimbun dan lestari. Masyarakat dan pemerintah harus kerjasama bahu membahu dalam rangka pelestarian hutan dan alam.

” Ekosistem juga harus diperhatikan. Hutan ditata kembali, reboisasi harus digalakkan. Tetapi jangan semuanya dibebankan kepada pemerintah, karena tidak akan mampu. Karena beban keuangan pemerintah sudah berat. Yang penting pemerintah sudah serius memperhatikan masalah yag terjadi ditengah- tengah masyarakat,” pungkas Fadholi di penghujung wawancara. (Aziz).

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline