logo seputarnusantara.com

Kresna Dewanata Phrosakh Sosialisasi 4 Pilar Mantapkan Bhinneka Tunggal Ika

Kresna Dewanata Phrosakh Sosialisasi 4 Pilar Mantapkan Bhinneka Tunggal Ika

Kresna Dewanata Phrosakh (paling kiri), Anggota DPR/ MPR RI dari Fraksi Partai NasDem saat jadi nara sumber Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

12 - Apr - 2017 | 11:39 | kategori:Headline

Malang. Seputar Nusantara. Pada pertengahan April 2017 ini, kembali dilaksanakan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yakni Pancasila, UUD’ 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Untuk itu Anggota DPR/ MPR RI dari Fraksi Partai NasDem (Nasional Demokrat) Kresna Dewanata Phrosakh kembali melaksanakan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang dilaksanakan di Kabupaten Malang- Jawa Timur.
Peserta Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan adalah para tokoh masyarakat dan kader partai NasDem.
Kegiatan ini bekerjasama dengan DPD Partai NasDem Kabupaten Malang.
Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 11 April 2017, dengan Nara Sumbernya adalah Kresna Dewanata Phrosakh, Anggota MPR RI dari Fraksi Partai NasDem.
Lokasi Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini di Sekretariat DPD Partai NasDem Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara tersebut diikuti oleh 150 orang.
Dalam paparannya, Kresna menjelaskan bahwa MPR terdiri atas Anggota DPR dan Anggota DPD yang dipilih melalui pemilihan umum. MPR merupakan Lembaga Permusyawaratan Rakyat yang berkedudukan sebagai Lembaga Negara.
Berdasarkan ketentuan Pasal 5 Undang-undang Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3), MPR mempunyai tugas : memasyarakatkan ketetapan MPR; Memasyarakatkan Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika ; Mengkaji system ketatanegaraan, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 2015, serta pelaksanaannya ; dan Menyerap aspirasi masyarakat berkaitan dengan pelaksanaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Menurut Politisi Partai NasDem ini, kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara mempunyai tujuan diantaranya; untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika dan Ketetapan MPR, serta untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya seluruh penyelenggara pemerintah dan diharapkan agar masyarakat memahami serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari.
Tema yang diangkat dalam kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan tersebut adalah : ” Bhinneka Tunggal Ika.”
Kresna menjelaskan bahwa kalau diterjemahkan per- kata, kata Bhinneka berarti “beraneka ragam” atau berbeda-beda. Kata neka dalam bahasa Sanskerta berarti “macam” dan menjadi pembentuk kata “aneka” dalam Bahasa Indonesia.
Kata tunggal berarti “satu”. Kata ika berarti “itu”. Secara harfiah Bhinneka Tunggal Ika diterjemahkan “Beraneka Satu Itu”, yang bermakna meskipun berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap dalam satu kesatuan.
” Jadi, semboyan Bhinneka Tunggal Ika ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan,” terang Kresna.
Kresna memaparkan, kata Bhineka Tunggal Ika dapat pula dimakna bahwa meskipun bangsa dan negara Indonesia terdiri atas beraneka ragam suku bangsa, yang memiliki kebudayaan dan adat-istiadat yang bermacam-macam, serta beraneka ragam kepulauan wilayah negara Indonesia, namun keseluruhannya itu merupakan suatu persatuan yaitu bangsa dan negara Indonesia.
” Keanekaragaman tersebut bukanlah merupakan perbedaan yang harus dipertentangkan, namun justru keanekaragaman itu bersatu dalam satu sintesa, yang pada gilirannya justru memperkaya sifat dan makna persatuan bangsa dan negara Indonesia,” terang Kresna. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline