logo seputarnusantara.com

Sulaeman Hamzah Optimis Kebutuhan Pokok Jelang Ramadhan, Idul Fitri Aman

Sulaeman Hamzah Optimis Kebutuhan Pokok Jelang Ramadhan, Idul Fitri Aman

H. Sulaeman Hamzah, Anggota Komisi IV DPR

17 - Apr - 2017 | 22:00 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Harga dan kebutuhan pokok menjelang Ramadhan hingga Idul Fitri 2017 dinilai aman.

Sehingga pada saat hari besar itu, diharapkan tidak ada lagi kelangkaan pangan, kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

“Kesimpulan dari kunjungan kami bahwa stok dan harga beras sampai jelang Ramadhan dan Idul Fitri aman,” kata Mentan Amran Sulaiman dalam siaran pers Humas Kementerian Pertanian yang diterima di Jakarta, Kamis 13 April 2017.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pertanian saat dirinya bersama Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita melakukan inspeksi mendadak ke tiga pasar tradisional : Pasar Senen, Pasar Rawamangun dan Pasar Induk Beras Cipinang, untuk memantau harga dan stok bahan pangan pokok jelang Ramadhan hingga Idul Fitri 2017.

Secara terpisah, ketika dimintai pendapat dan pandangannya mengenai stok dan harga kebutuhan pokok jelang Ramadhan dan Idul Fitri 2017 ini, H. Sulaeman Hamzah, Anggota Fraksi Partai NasDem DPR RI menyatakan bahwa khusus mengenai stok beras sampai saat ini ada 2 juta ton di gudang Bulog, aman.

” Khususnya stok beras, disebutkan digudang Bulog ada 2 juta ton. Maka dengan stok 2 juta ton beras, kebutuhan akan beras untuk Ramadhan dan Idul Fitri saya rasa aman,” ungkap Sulaeman Hamzah kepada seputarnusantara.com di Gedung Nusantara 1 DPR- Senayan, pada Senin 17 April 2017.

Lebih lanjut Sulaeman menjelaskan, khusus untuk beras, serapan dari petani oleh Bulog sudah maksimal. Dengan kondisi seperti ini, maka dipastikan kebutuhan akan beras aman. Disamping ini, harga beras tidak akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan alias harga beras akan stabil.

” Sedangkan untuk komoditas selain beras, memang biasanya mengalami kenaikan harga yang cukup mencolok saat hari- hari besar, khususnya Ramadhan dan Idul Fitri. Kebaikan harga yang mencolok ini, tentunya membuat konsumen menjerit,” tegas Sulaeman Hamzah.

Menurutnya, untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok saat Ramadhan dan Idul Fitri, tentunya Kementerian Perdagangan harus sigap. Kementerian Perdagangan harus selalu berkoordinasi dan sinergi dengan Kementerian Pertanian untuk memetakan mana yang kurang dan mana yang sudah cukup. Sehingga stabilitas harga kebutuhan pokok akan selalu terjaga.

” Kementerian Perdagangan dan Pertanian harus sinergi dalam rangka menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok, sehingga tidak mengalami kenaikan yang tinggi, yang dapat mengagetkan konsumen,” tegasnya.

Memang, lanjutnya, akhir- akhir ini di beberapa wilayah Indonesia terkena musibah banjir yang mengganggu areal pertanian. Oleh karena itu, pemerintah perlu mengantisipasi dan menangani persoalan banjir ini. Disamping itu, penambahan areal pertanian juga perlu segera diwujudkan.

” Penambahan areal pertanian perlu segera diwujudkan. Sebab, dengan penambahan areal pertanian, maka hasil dari kebutuhan pokok nasional akan semakin meningkat. Sehingga kebutuhan pokok nasional dapat terpenuhi dari produksi di dalam negeri,” ucap Politisi Partai NasDem ini.

Menurutnya, para petani dari berbagai komoditas, tentunya sudah berupaya secara maksimal untuk memaksimalkan produksi. Mereka juga menginginkan produksinya optimal, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para petani.

” Pengalaman- pengalaman sebelumnya, sudah barang tentu menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah, agar stok komoditas terjaga dengan baik. Sehingga kebutuhan pokok nasional dapat terpenuhi dari produksi para petani di dalam negeri,” pungkas Sulaeman Hamzah di penghujung wawancara. (Aziz).

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline