logo seputarnusantara.com

Festival Rajabiah di Pasuruan- Jawa Timur Gembleng Anak Usia Dini Kuasai Al-Quran

21 - Apr - 2017 | 18:32 | kategori:Agama dan Opini

Pasuruan. Seputar Nusantara. Ratusan siswa tingkat sekolah dasar (SD) di Kabupaten Pasuruan antusias mengikuti festival tahunan Rajabiah.

Festival ini dimaksudkan sebagai kawah candradimuka untuk menggembleng ilmu agama Islam, khususnya penguasaan Al-Quran sejak dini.

Festival Rajabiah BTQ (Baca Tulis Al-Quran) digelar di GOR Sasana Krida Anoraga, Raci, Bangil, mulai 20-21 April 2017. Sebanyak 480 siswa tingkat SD sederajat ikut serta dalam festival yang sudah digelar kali kedua ini.

“Saya tadi membuka festival. Saya sangat berbahagia dan bangga dengan semangat anak-anak yang mengikuti Festival Rajabiah,” kata Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf memberi apresiasi pada Festival Rajabiah, Kamis (20/4/2017).

Menurut Gus Irsyad, sapaan Bupati Irsyad, lomba-lomba yang digelar dalam festival tersebut bisa menguatkan rasa cinta anak-anak pada Al-Quran.

“Festival Rajabiah seperti kawah candradimuka untuk menggembleng penguasaan baca tulis Al-Quran pada anak sejak usia dini,” ungkapnya.

Gus Irsyad juga mengungkapkan terima kasih pada para penggagas Festival Rajabiah, para guru yang ikhlas mencurahkan pikiran dan tenaga untuk mengajarkan baca tulis Quran di seluruh sekolah.

“Di sekolah-sekolah pada jam ke-0 sudah dibiasakan membaca Quran. Selain itu, Pemkab Pasuruan juga punya program wajib madin (Madrasah Diniyah) yang sudah dilaksanakan sejak tahun lalu. Program dan kegiatan itu digagas karena kesadaran pentingnya pendidikan agama untuk anak-anak kita,” jelasnya.

Ratusan peserta Festival Rajabiah ini mengikuti 6 cabang lomba antara lain MTQ, Tartil, Takhfidul Quran, Khotbah, Kaligrafi dan Al Banjari. Dalam festival yang digelar selama dua hari ini diharapkan muncul bakat-bakat potensial yang bisa mewakili daerah untuk perlombaan tingkat lanjut. (dtc/Anggi)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Agama dan Opini | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.