logo seputarnusantara.com

Banjir Lagi, Warga Khawatir Puasa di Pengungsian

28 - Apr - 2017 | 15:35 | kategori:Daerah

Bandung. Seputar Nusantara. 29 hari menuju Bulan Ramadan, warga Andir Baleendah Bandung resah karena rumahnya kembali digenangi banjir. Banjir tersebut terjadi sejak Kamis (27/4) dinihari.

“Airnya dateng malem tadi, besar sekali. Di rumah saya saja bisa mencapai paha orang dewasa,” kata Carsiah (67) warga Kampung Cigosol, Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jum’at (28/4/2017).

Carsiah khawatir harus menjalani puasa Ramadan di pengungsian seperti Tahun 2016 kemarin. “Kan malu kalau harus puasa di pengungsian,” ungkapnya.

Sementara itu, salahsatu warga Cieunteung Baleendah yang tidak ingin disebutkan identiasnya mengaku sudah tiga bulan lamanya ia dan keluarga tinggal di pengungsian yang berada di GOR Kelurahan Baleendah.

“Sudah hampir tiga bulan tinggal di sini, karena air naik surut terus,” katanya saat ditemui detikcom di depan Gor Kelurahan Baleendah.

Ia menduga kemungkinan akan berpuasa di pengungsian. Baginya, itu bukan kali pertama. “Sudah sering, terakhir tahun kemarin. Sepertinya tahun sekarang juga bakalan puasa di sini,” imbuhnya.

Status siaga bencana di Kabupaten Bandung ditetapkan hingga 30 Mei mendatang oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jabar.

Sekda Pemkab Bandung Sopian Nataprawira mengatakan, permasalahan banjir di Kabupaten Bandung merupakan pekerjaan bersama dan semua tingkatan dari pemkab, pemprov dan pusat.

“Jika banjir masih terjadi Bulan Mei-Juni mendatang (sudah masuk Bulan Ramadan) Pemkab Bandung sudah menyiapkan dana untuk penanganan korban banjir,” kata kepada wartawan di Masjid Al-Fathu, Soreang. (dtc/ Riz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Daerah | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.