logo seputarnusantara.com

Ahok Ditempatkan di Ruang Orientasi Rutan Cipinang

9 - May - 2017 | 14:46 | kategori:Tokoh

Jakarta. Seputar Nusantara. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) langsung ditahan di Rutan Cipinang setelah divonis bersalah melakukan penodaan agama karena dinilai merendahkan surat Al Maidah ayat 51.

Ahok akan menempati ruang orientasi sebelum masuk sel tahanan.

“Ya sama dengan yang lain, memang ada perlakuan khusus? sama dengan orang lain. Ada istilahnya AO admisi orientasi, SOP-nya seperti itu. AO artinya orang itu menyesuaikan dengan lingkungan kan itu lingkungan khusus,” kata Dirjen Pemasyarakatan (PAS) Kementerian Hukum dan HAM I Wayan Kusmiantha Dusak di BPSDM Kemenkum HAM, Cinere, Depok, Selasa (9/5/2017).

Ruang orientasi menurut Dusak menjadi tempat tahanan baru menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Di ruangan ini Ahok akan diberikan pengarahan termasuk soal tata tertib di rutan supaya tidak terjadi benturan.

Lamanya Ahok di dalam ruangan ini sebelum dipindahkan ke sel biasa tergantung dari hasil penilaian. Dusak menyebut masa orientasi bisa seminggu atau paling lama satu bulan.

“Nanti tergantung assessmentnya seminggu dua mingggu (sebelum) ditaruh ke kamar di mana dia ditempatkan. Tergantung evaluasi dari assessmentnya. Kalau dia sudah cepat menyesuaikan diri tidak apa karena biasanya orang baru masuk rutan, lapas kecenderungan stresnya tinggi, bisa bunuh diri macam-macam,” terang Dusak.

Di Rutan Cipinang, Ahok sudah dijenguk istrinya, Veronica Tan, dan putra pertama mereka, Nicholas Sean Purnama. Namun mereka enggan berkomentar tentang vonis 2 tahun Ahok.

Terkait dengan vonis dan penahanan Ahok, Mendagri Tjahjo Kumolo menyatakan pihaknya menyurati ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara untuk meminta salinan putusan. Setelah salinan didapatkan, Mendagri akan memberhentikan sementara Ahok dan menunjuk wagub Djarot Saiful Hidayat sebagai pelaksana tugas gubernur DKI. (dtc/ Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Tokoh | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.