logo seputarnusantara.com

Presiden Jokowi Bertemu Presiden Lithuania, Membahas Energi Hingga Sawit

17 - May - 2017 | 13:09 | kategori:Politik

Jakarta. Seputar Nusantara. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini, menyambut kedatangan Presiden Republik Lithuania Dalia Grybauskaite di Istana Merdeka, Jakarta.

Banyak hal yang dibicarakan, di antaranya kerja sama di bidang energi teknologi dan informasi untuk berbagai transportasi.

“Yang tadi kita bahas dalam bilateral meeting, yang pertama kerjasama di bidang energi yang menyangkut energi biomassa, energi dari sampah, dan juga gas,” kata Jokowi usai pertemuan, Rabu (17/5/2017).

Jokowi juga menyinggung tentang bidang perdagangan, khususnya negosiasi Indonesia – EU-CEPA (Europe Union-Comprehensive Economic Agreement), diharapkan ada dukungan untuk segera diselesaikan. Di sisi lain, ikut dibahas tentang kampanye hitam sawit Indonesia di berbagai negara.

“Indonesia juga telah menyampaikan concern terhadap terus berlangsungnya kampanye hitam dan tindakan diskriminatif produk sawit Indonesia di Eropa dan tadi kita juga meminta dukungan Lithuania agar produk Sawit Indonesia diperlakukan secara fair,” paparnya.

Jokowi pun mengharapkan ke depan banyak masyarakat Lithuania untuk semakin sering datang ke Indonesia.

“Jumlah wisatawan Lithuania dalam empat tahun terakhir ini meningkat sangat signifikan yaitu meningkat 183% dari tahun 2013 ke 2016,” terang Jokowi.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Republik Lithuania Dalia Grybauskaite mengapresiasi kerja sama antar kedua negara. Lithuania pun siap mendukung negosiasi Indonesia- EU CEPA.

“Lithuania dan Eropa siap mendukung CEPA dan juga dalam negosiasi bebas visa ke Uni Eropa karena kerjasama ini akan mendatangkan pemasukan 2,5 miliar euro. Ini akan meningkatkan untuk kesejahteraan dan keamanan,” kata Dahlia.

Kerja sama juga berlangsung di bidang pendidikan. “Kami untuk pertukaran pelajaran, dan ada kompetisi sains untuk Indonesia bisa berkontribusi dari situ,” terangnya. (dtc/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Politik | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Politik