logo seputarnusantara.com

Ali Mahir : Masyarakat Harus Waspadai Makanan Kedaluwarsa Jelang Puasa

Ali Mahir : Masyarakat Harus Waspadai Makanan Kedaluwarsa Jelang Puasa

Ir. H. Ali Mahir, MM., Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai NasDem (Nasional Demokrat)

19 - May - 2017 | 08:45 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Menjelang datangnya bulan Suci Ramadhan 1438 H/ 2017 M, disinyalir banyak beredar makanan yang kedaluwarsa.

Kebutuhan yang meningkat saat Ramadhan, termasuk kebutuhan akan makanan dan minuman, kemudian muncul makanan dan minuman yang kedaluwarsa.

Menurut Ir. H. Ali Mahir, MM., Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, masyarakat harus hati- hati saat membeli makanan dan minuman. Harus diteliti betul kapan waktu kedaluwarsanya.

” Saya sebagai Anggota Komisi IX DPR RI mengingatkan kepada masyarakat untuk berhati- hati saat membeli makanan dan minuman, terutama makanan kering. Baik itu dalam bentuk parcel atau dalam kemasan biasa. Harus diteliti kapan waktu kedaluwarsanya,” ungkap Ali Mahir kepada seputarnusantara.com di Gedung Nusantara 1 DPR- Senayan, pada Kamis 18 Mei 2017.

Ali Mahir menjelaskan, menjelang bulan Ramadhan, tentu kebutuhan akan makanan dan minuman meningkat. Oleh karena itu, masyarakat harus hati- hati dan waspada terhadap makanan dan minuman yang sudah kedaluwarsa.

” Kita tidak perlu takut, tetapi perlu waspada dan hati- hati. Kalau masalah peredaran obat- obatan kuat, ini sudah cukup lama beredar, tentu masyarakat juga harus waspada terhadap obat kuat yang dapat membahayakan kesehatan,” tambah Ali Mahir, Politisi Partai NasDem ini.

Kemudian, lanjutnya, saat ini yang perlu diwaspadai adalah makanan yang kedaluwarsa terutama dalam bentuk parcel, karena agak sulit untuk dideteksi. Karena sudah dalam bentuk kemasan parcel yang rapi, jadi sulit deteksinya.

” Kami tentunya akan melakukan sidak makanan dan minuman kedaluwarsa, sehingga tidak membahayakan masyarakat. Saya dalam waktu dekat sebelum Ramadhan tiba, akan sidak ke pasar, grosir dan supermarket di Dapil saya (Kudus, Demak dan Jepara), untuk memastikan tidak ada makanan dan minuman yang kedaluwarsa,” ucapnya.

Ali Mahir memaparkan, masyarakat hendaknya jangan membeli makanan dan minuman yang sudah kedaluwarsa. Harus dilihat dulu label dan tanggal kedaluwarsanya, sehingga masyarakat aman mengkonsumsi makanan dan minuman yang dibeli tersebut.

” Saya tekankan kepada Badan POM (Pengawas Obat- Obatan dan Makanan) untuk selalu action. Jangan hanya menunggu laporan dari masyarakat, tetapi rutin harus selalu action,” pungkas Ali Mahir di penghujung wawancara. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.