logo seputarnusantara.com

Johnny Plate Sarankan Pemerintah Buat Perppu Jika RUU Pemilu Deadlock

Johnny Plate Sarankan Pemerintah Buat Perppu Jika RUU Pemilu Deadlock

Johnny G, Plate, SE., Anggota Pansus RUU Pemilu dari Fraksi Partai NasDem DPR RI saat diwawancarai wartawan di Gedung DPR

16 - Jun - 2017 | 15:19 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Fraksi Partai NasDem di DPR RI menanggapi pernyataan pemerintah yang mengancam mundur dari pembahasan RUU Pemilu jika masih mandek.

Fraksi NasDem DPR RI punya beberapa opsi seandainya kondisi tersebut benar terjadi.

Anggota Pansus (Panitia Khusus) RUU Pemilu dari Fraksi Partai NasDem, Johnny G. Plate menyarankan pemerintah untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) khusus untuk Pilpres (Pemilu Presiden) jika deadlock. Sedangkan untuk Pileg (Pemilu Legislatif), dia menyebut UU Pemilu yang lama dapat diberlakukan.

” Jika deadlock, maka tentu pemerintah harus menerbitkan Perppu khusus terkait Pilpres serentak. Untuk Pileg, tetap berlakukan UU Pemilu saat ini sebagaimana yang digunakan pada Pileg 2014,” kata Johnny Plate kepada wartawan, pada Jumat, 16 Juni 2017.

Menurut Johnny, tak boleh ada kekosongan terkait Pemilu serentak hanya karena pembahasan RUU Pemilu tak menemui titik temu. Meski demikian, dia berjanji NasDem akan mengupayakan RUU Pemilu segera sah.

” Tidak boleh ada kekosongan pemerintahan hanya karena tidak bisa dilaksanakannya Pilpres akibat deadlock tersebut. Semangat dan tanggungjawab NasDem bagi bangsa dan negara dengan berusaha keras agar revisi dan kodifikasi RUU Pemilu ini harus dapat diselesaikan,” ucap Johnny.

” Karenanya, kami akan tetap melakukan lobbying baik formal maupun informal dengan pemerintah dan Fraksi- Fraksi di DPR RI agar tercapai kemufakatan,” sambungnya.

Tarik-menarik antara DPR dan pemerintah dalam pembahasan RUU Pemilu masih alot. Pemerintah berkukuh ambang batas pencalonan Presiden (Presidential Threshold) sebesar 20- 25% dan berharap DPR bisa mengalah.

” Pemerintah banyak mengalah pada poin- poin yang lain, maka saya juga mohon teman- teman Fraksi di Pansus ya ngalah juga dong soal menemukan titik temu,” kata Mendagri Tjahjo Kumolo, Kamis (15/6/2017). (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline