logo seputarnusantara.com

Kampung Sidat Banyumas sebab Dihidupi Ikan Sidat

12 - Jul - 2017 | 14:42 | kategori:Daerah

Banyumas. Seputar Nusantara. Sekolah Kader Desa Brilian di Desa Singasari, Karangwelas, Banyumas, lebih beken dengan sebutan Sekolah Kampung Sidat. Untuk memenuhi kebutuhan hidup dan membiayai pendidikan, salah satu yang dilakukan sekolah rakyat ini memang budidaya ikan sidat.

Anak-anak Kampung Sidat memang sejak dini diajari bekerja mandiri sembari menempuh pendidikan kesetaraan, Kejar Paket C. Mereka memang diajari bekerja semenjak awal, karena memang lulusan ’sekolah rakyat’ itu diproyeksikan kembali ke desa masing-masing di pinggiran hutan untuk mengelola kelompok-kelompok tani.

Setelah lulus sekolah atau kuliah, mereka dipersiapkan sebagai pengelola lembaga masyarakat desa hutan (LMDH) sehingga pengelolaan sumber daya hutan akan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

“Biaya hidup sehari-hari ditopang dari hasil usaha yang dikelola secara bersama-sama. Kami bertani, memelihara ikan sidat dan usaha kuliner sidat. Jadi semua hasil itu untuk biaya hidup mereka sehari-hari dan biaya saat mereka belajar atau kuliah,” ujar Muhammad Adib, pengelola Sekolah Kader Desa Brilian.

Ikan-ikan sidat itu dipelihara bersama oleh seluruh siswa di sekolah rakyat tersebut. Ada banyak kolam, totalnya seluas 1.500 meter persegi.

Hasilnya, ada yang dipasarkan dengan dalam bentuk masakan atau olahan untuk dinikmati di tempat, ada juga yang diambil para pedagang. Namun ada pula yang dipesan oleh warga untuk acara-acara perhelatan atau syukuran di kampung-kampung.

“Yang pesan kuliner dari ikan sidat ya masih dari warga sekitar Banyumas ini saja. Tapi cukuplah untuk menutup kebutuhan hidup anak-anak,” ujar Adib, Rabu (12/7/2017). (dtc/Riz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Daerah | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.