logo seputarnusantara.com

Program Bela Negara Akan Masuk ke Materi Ospek Mahasiswa Baru

25 - Jul - 2017 | 12:51 | kategori:Hukum

Jakarta. Seputar Nusantara. Kementerian Pertahanan (Kemenhan) mensosialisasi program bela negara di kegiatan ospek peguruan tinggi negeri maupun swasta. Sosialisasi itu dihadiri ratusan perwakilan universitas di seluruh Indonesia.

Rapat kordinasi dan pembekalan kepada Ketua Kopertis dan Rektor seluruh Indonesia ini dalam rangka Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) di kegiatan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru tahun 2017. Setidaknya ada 111 perwakilan dari Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta seperti UI, UNPAD, UNDIP, Trisakti, Binus, Gunadharma dan lainnya.

Selain sosialisasi, kegiatan ini juga mengadakan diskusi dengan tema ‘Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) dalam kegiatan pengenalan kehidupan kampus’. Kemenhan meminta pendapat dari akademisi untuk program ini.

“Kemenhan sudah ketemu dengan Menristek Dikti, beliau bicara bagaimana program ini masuk di kegiatan ospek untuk masa pengenalan mahasiswa baru,” ujar Direktur Bela Negara, Laksamana Pertama TNI, M. Faisal di sela-sela acara diskusi di Gedung A.H Nasution, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (25/7/2017).

Faisal mengatakan program ini dimasukkan ke kurikulum pendidikan karakter. Kemenhan sendiri sebagai pembuat buku pedoman.

“Nah hari ini pembekalan kepada rektor terpilih dan kopertis. dalam pembekalan akan memberikan teori dan pemikiran yang bisa dilakukan dalam pelaksanaannya di kampus,” paparnya.

Fasial menjelaskan kalau program ini juga untuk meningkatkan pembinaan kesadaran dan tumbuh kembang cinta kepada tanah air. Sehingga di akhir masa studinya akan memunculkan bibit-bibit mahasiswa yang cinta dengan pancasila.

“Ini program pengenalan lingkungan kampus Agustus 2017 sudah mulai masuk, jadi akan langsung mulai berjalan,” pungkasnya.

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Hukum | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Hukum