logo seputarnusantara.com

Wakil Presiden RI HM. Jusuf Kalla : Masalah Rohingya Multidimensi

6 - Sep - 2017 | 08:44 | kategori:Agama dan Opini

Jakarta. Seputar Nusantara. Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut kasus yang terjadi di Rohingya, Myanmar, disebabkan oleh masalah multidimensi. JK menegaskan tidak ada masalah dengan masyarakat Buddha di Indonesia.

“Ya, seperti saya katakan, masalah Rohingya itu masalah setidaknya empat faktor masalahnya. Sejarah, ekopol, dan agama. Bukan hanya agama, jadi ini kita harap jangan konflik itu juga terjadi di Indonesia,” kata JK di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (5/9/2017).

“Karena kita tidak ada masalah dengan Buddha di sini. Tapi kita bersama masyarakat Buddha di sini juga membikin pernyataan mengutuk, atau mendukung agar tak terjadi seperti itu,” tegas JK.

Dari sisi sejarah, Inggris sempat menjadikan Myanmar sebagai bagian dari wilayah koloninya, dan pada saat itu Inggris mendatangkan tenaga kerja dari beberapa wilayah di sekitar Myanmar, seperti Bangladesh.

“Masalah politik juga, karena masing-masing pimpinan di situ tentu membutuhkan konstituen, konstituennya tentu masyarakat secara lebih banyaknya Buddha, jadi seperti itu. Masalah agama pasti ada juga, ekonomi, itu berkumpul masalah itu,” terangnya.

Namun, selain di Rohingya, kasus kekerasan tidak terjadi di daerah lain di Myanmar. Dia menyebutkan di Kota Yangon berdiri sekitar 100 masjid.

“Tidak ada masalah antara Buddha-muslim di kota-kota lain, terkecuali di situ, karena sejarah tadi, tapi ya mudah-mudahan bisa selesai,” kata JK.

Saat ini, pemerintah berencana membangun rumah sakit di wilayah Rakhine State yang diinisiasi oleh Palang Merah Indonesia (PMI), Mer-C, Walubi, dan Tahir Foundation. Pendirian rumah sakit itu akan berada di daerah perbatasan, di antara kampung Islam dan Buddha.

“Artinya, supaya melayani dua kelompok di situ sehingga mudah-mudahan dengan itu diharap akan lebih memperbaiki hubungan itu,” ujarnya. (dtc/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Agama dan Opini | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Agama dan Opini