logo seputarnusantara.com

Kesaksian Wartawan BBC di Rakhine : Saya Lihat 1 Desa Sengaja Dibakar

Kesaksian Wartawan BBC di Rakhine : Saya Lihat 1 Desa Sengaja Dibakar

Wartawan BBC saksikan Desa di Rakhine milik etnis muslim Rohingya sengaja dibakar

8 - Sep - 2017 | 15:40 | kategori:Headline

Wartawan BBC Jonathan Head ikut rombongan wartawan yang dengan pengawalan aparat pemerintah Myanmar mengunjungi Maungdaw di Rakhine.

Berikut kesaksian Head, antara lain ketika menyaksikan sendiri bagaimana ‘sekelompok anak muda pemeluk Buddha di Rakhine membakar rumah-rumah’ di satu desa yang ditinggalkan warganya yang mengungsi:

Saya adalah bagian dari rombongan wartawan yang diundang oleh pemerintah Myanmar untuk melihat keadaan di Maungdaw, di negara bagian Rakhine.

Syarat untuk mengikuti perjalanan ini adalah kami harus selalu berkelompok, tak boleh jalan sendirian, dan mengikuti agenda perjalanan ke tempat-tempat yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Permintaan untuk mengunjungi tempat-tempat lain yang kami nilai menarik, bahkan lokasinya sebenarnya tak terlalu jauh, ditolak dengan alasan keamanan.

Dalam perjalanan kembali dari daerah Al Le Than Kyaw, di selatan Maungdaw, kami melihat asap membumbung ke angkasa, yang mengisyaratkan rumah-rumah baru saja dibakar.

Polisi mengatakan warga Muslim sengaja membakar rumah-rumah mereka, meski kami tahu sebagian besar warga Muslim ini sudah meninggalkan desa mereka, setelah milisi Tentara Pembebasan Rohingya Arakan menyerang pos polisi pada 25 Agustus.

Gelombang kekerasan memaksa warga minoritas Muslim Rohingya di Rakhine mengungsi melintasi perbatasan ke Bangladesh. (Reuters)

Kami bisa melihat setidaknya tiga asap yang membumbung dan mendengar tembakan sporadis.

Kami juga melihat asap tebal berwarna hitam dari desa di tepi sawah.

Kami langsung memutuskan untuk melihat dari dekat dengan melewati persawahan. Kami melihat api masih menyala dari beberapa rumah pertama. Seluruh rumah di desa ini habis terbakar hanya dalam waktu sekitar 20-30 menit.

Terlihat dengan jelas bahwa desa ini sengaja dibakar.

Ketika kami berjalan memasuki desa, kami melihat sekelompok anak muda berbadan kekar membawa parang dan pedang. Mereka meninggalkan desa. Ketika kami berusaha mewawancarai, mereka menolak direkam dengan kamera.

Namun rekan saya, seorang warga Myanmar, bisa berbicara dengan mereka. Mereka mengaku warga Buddha Rakhine. Salah seorang di antaranya mengakui sebagai orang yang memulai membakar rumah-rumah di desa ini.

Ia juga mengatakan dibantu oleh polisi.

Kami masuk lebih jauh dan melihat madrasah yang atapnya juga terbakar. Api dengan cepat menyebar ke beberapa rumah di sekitarnya.

Tidak ada orang di desa ini. Orang-orang yang baru saja kami temui adalah pelaku pembakaran. Di jalan desa kami melihat peralatan rumah tangga, mainan anak-anak, dan pakaian perempuan berserakan.

Kami menemukan jeriken bensin di tengah jalan.

Begitu kami keluar semua rumah di desa ini habis terbakar, yang terlihat hanya sisa-sisa berwarna hitam. (dtc/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline