logo seputarnusantara.com

WWF Siapkan Aneka Cara Untuk Pastikan Harimau Jawa di Ujung Kulon

13 - Sep - 2017 | 14:06 | kategori:Daerah

Pandeglang. Seputar Nusantara. Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) menggaet WWF Indonesia untuk mencari kucing besar yang diduga Harimau Jawa yang dipotret ranger. Sejumlah metode disiapkan.

Saat dihubungi media, Kordinator WWF Ujung Kulon Kurnia Octavia Khairani mengatakan, tim ekspedisi yang disiapkan bersama TNUK bukan hanya memastikan keberadaan Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica). Tim ini juga melakukan konservasi spesies yang masuk dalam famili kucing-kucingan.

“Kita menyebutnya bukan ekspedisi Harimau Jawa. Ekspedisi (famili) kucing-kucingan, apakah memang spesies terduga itu adalah Harimau Jawa atau bukan,” katanya, Rabu (13/9/2017).

Tim yang turun di lapangan menurutnya akan melakukan beberapa metode. Pertama, penelusuran dilakukan di daerah pertama kali harimau muncul di Cidaon. Kemudian akan dilakukan pemasangan camera trap di beberapa lokasi yang dianggap menjadi habitat hewan tersebut.

“Kalau menemukan feses atau sampel biologis lainnya kita koleksi dan tes DNA. Jadi kita lakukan investigasi mendapatkan hasil yang lebih tepat,” ujarnya.

“Kita nggak mau berspekulasi dulu bahwa ini Harimau Jawa. Kita masih mengumpulkan informasi,” tegasnya.

Penemuan hewan diduga Harimau Jawa ditemukan pertama kali pada Jumat (25/8) lalu. Tim dari Balai TNUK sedang melakukan inventarisasi banteng di Padang Pengembalaan Cidaon, Ujung Kulon.

Saat itu, kucing besar yang diduga Harimau Jawa ditemukan sedang memangsa banteng. Jika benar ini Harimau Jawa, tentu ini adalah kabar gembira untuk dunia. (dtc/Riz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Daerah | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.