logo seputarnusantara.com

Setya Novanto Layak Diperiksa

28 - Sep - 2017 | 14:54 | kategori:Tokoh

Jakarta. Seputar Nusantara. Mantan Ketua KPK Busyro Muqoddas mengapresiasi sikap pimpinan KPK yang meminta Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memeriksa kesehatan Setya Novanto. Menurutnya, bila sudah ada rekomendasi medis, Novanto layak diperiksa.

“Saya apresiasi pada pimpinan KPK untuk second opinion dengan memanfaatkan MoU antara pimpinan KPK dengan pengurus pusat IDI, kalau IDI sudah periksa Setya Novanto dan ada rekomendasi medis Setya Novanto layak untuk diperiksa,” ujar Busyro di gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat, Kamis (28/9/2017).

Busyro mengatakan KPK harus segera mengumumkan hasil rekomendasi medis jika sudah keluarkan IDI. Sebab, hasil pemeriksaan tersebut berhak diketahui rakyat.

“Segera diumumkan oleh pimpinan KPK karena pimpinan KPK bertanggung jawab untuk memenuhi hak masyarakat untuk tahu karena KPK dibiayai masyarakat juga kan. KPK itu harus melibatkan masyarakat, segera umumkan sah kalau memang itu layak diperiksa segera periksa saja,” ujar Busyro.

“Kalau memang habis itu sakit, nantikan bisa dibawa lagi ke rumah sakit. Kaya yang di Medan itu, habis diperiksa balik lagi ke rumah sakit,” tambahnya.

Menurut Busyro, KPK sudah memiliki bukti yang cukup kuat untuk memenangkan praperadilan. Ia juga meminta hakim agar lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan.

“Tapi untuk ini sebetulnya sudah cukup kuat. Dua alat bukti dan prosedur penetapan sebagai tersangka, itu tidak ada yang melanggar hukum acara. Apakah ada alasan untuk menerima praperadilan dari Novanto? menurut saya tidak. Jadi kepada hakimnya untuk ekstra hati hati harus berdasarkan pada bukti yang kuat dan intuisi keadilan,” kata Busyro. (dtc/ Anggi)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Tokoh | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.