logo seputarnusantara.com

Sebanyak 78 Ribu e-KTP di Trenggalek- Jawa Timur Sampai Sekarang Belum Tercetak

9 - Oct - 2017 | 19:55 | kategori:Daerah

Trenggalek. Seputar Nusantara. Jumlah pemegang surat keterangan (suket) pengganti e-KTP di Trenggalek mencapai lebih dari 78 ribu orang. Pemerintah daerah belum bisa memastikan sampai kapan suket tersebut bisa ditukar KTP asli.

Kepala Dinas kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Trenggalek, Ekanto Malipurbowo, mengatakan, pada tahun ini pihaknya mendapat alokasi blangko e-KTP dari pemerintah pusat sebanyak 20 ribu keping.

“Itu pengiriman dua kali, pertama 10 ribu dan yang kedua juga 10 ribu. Untuk progres sampai saat ini sudah 10 ribu e-KTP yang telah didistribusikan ke masyarakat, utamanya yang memiliki status PRR (print ready record),” katanya, Senin (9/10/2017).

Menurutnya, selain alokasi 20 ribu tersebut, Dispendukcapil juga baru mendapatkan tambahan dua ribu keping. Dengan jumlah tersebut dipastikan tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan identitas kependudukan bagi warga Trennggalek, mengingat alokasi yang dikirim hanya diperioritaskan untuk warga yang berstatus PRR atau belum pernah memegang e-KTP.

“Dari data yang ada jumlah pemohon KTP yang statusnya PRR itu totalnya sudah lebih dari 19.800,” imbuhnya.

Ekanto mengaku tidak bisa memastikan, sampai kapan warga harus memegang suket untuk pengganti sementara KTP, Karena hingga kini pihaknya belum mendapatkan kepastian dari Kementerian Dalam Negeri.

Lanjut dia, selama belum ada kabar kepastian pemenuhan kebutuhan blangko e-KTP, para pemohon hanya akan dibekali dengan surat keterangan sebagai pengganti KTP. Surat sementara tersebut diberlakukan selama enam bulan dan dapat diperpanjang apabila telah habis masa berlakunya.

“Belum lama ini saya ke Jakarta untuk melakukan pertemuan dengan Kementerian Dalam Negeri, saat itu kami hanya diberi tambahan 2.000 keping untuk dibagikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Hingga saat ini kelangkaan blangko e-KTP terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia. Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo saat di Tulungagung bulan Mei yang lalu berjanji kebutuhan blangko e-KTP akan tuntas pada akhir tahun ini. (dtc/Riz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Daerah | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.