logo seputarnusantara.com

Kumpulkan Menteri, Jokowi Ingin Ekonomi Desa Bergerak

18 - Oct - 2017 | 15:42 | kategori:Tokoh

Bogor. Seputar Nusantara. Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengumpulkan para menteri kabinet kerja di Istana Kepresidenan, Bogor.

Orang nomor satu ini akan membahas mengenai efektivitas dana desa bagi perekonomian di pedesaan.

Saat membuka rapat terbatas (ratas), Jokowi menyebutkan, Indonesia memiliki 74.958 desa dan 8.430 kelurahan yang semuanya harus dibangun sehingga memberikan kontribusi terhadap perekonomian nasional.

“Kita ingin perekonomian di desa bisa bergerak, tidak kalah cepatnya dengan pergerakan perekonomian yang ada di kota,” kata Jokowi saat ratas Dana Desa, di Istana Bogor, Rabu (18/19/2017).

Guna meningkatkan perekonomian di desa, Jokowi mengaku pemerintahan kabinet kerja telah mengalokasikan khusus anggaran untuk pembangunan di desa melalui dana desa.

Sejak 2015, kata Jokowi, dianggarkan Rp 20,76 triliun, dan anggaran tersebut meningkat terus karena pada 2016 sebesar Rp 46,98 triliun dan kembali meningkat menjadi Rp 60 triliun di tahun ini.

“Ini adalah jumlah yang sangat besar, sangat besar, dan yang perlu kita pastikan adalah dana itu bisa berjalan optimal di lapangan,” tegas Jokowi.

Kendati demikian, Jokowi meminta kepada seluruh pejabat kabinet kerja untuk bisa memastikan, anggaran dana desa digunakan untuk hal-hal produktif, kegiatan yang bisa membuka lapangan pekerjaan dan penggunaan dana tersebut melibatkan masyarakat desa yang menerima.

“Yang kedua saya minta penggunaan dana desa ini betul-betul ada pendampingan, didampingi dengan baik. Terkait jenis proyeknya, waktu pengerjaan, dikawal dan juga managemen lapangannya diawasi semuanya,” tutup dia. (dtc/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Tokoh | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.