logo seputarnusantara.com

Antisipasi Musim Hujan, Anies Rutin Pantau Kesiapan Lurah dan Camat

20 - Nov - 2017 | 09:26 | kategori:Tokoh

Jakarta. Seputar Nusantara. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan telah mempersiapkan jajarannya untuk mengantisipasi dampak dari musim hujan. Dia mengatakan rutin memantau kesiapan masing-masing lurah dan camat di jajaran Pemprov DKI.

“Kita harus siaga, tadi pagi saya mampir di Menteng Bawah ketemu langsung dengan camat, lurah, melihat persiapan mereka. Jadi saya akan lakukan itu rutin,” kata Anies di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (20/11/2017).

Anies mengatakan telah melaksanakan apel persiapan mengantisipasi dampak musim hujan pada Sabtu (18/11) lalu. Dia menjelaskan ada tiga pesan yang disampaikan pada jajarannya tersebut.

“Dan dalam operasi itu apel kemarin berkumpul lebih dari 49 ribu aparat kita. Itu belum semua padahal. Dan saya tegaskan pada semuanya, perintahnya jelas,” tuturnya.

“Ada tiga, harus siaga, tanggap dan galang. Siaga artinya, siap artinya selalu dalam posisi terjaga, jangan lemah. Tanggap artinya harus responsif, harus cepat bergerak. Lalu galang, jangan kerja sendirian, galang semuanya,” sambung Anies.

Dia mengatakan operasi antisipasi musim hujan akan berlangsung selama tiga bulan ke depan. Anies akan memerintahkan jajarannya untuk fokus pada kebersihan saluran, pemotongan pohon, dan pemantauan tempat-tempat yang beresiko bencana saat musim hujan.

“Jadi mitigasi terhadap bencana kita lakukan. Dan kita kirim pesan bahwa ibukota siaga. Tapi jangan siaga bencana. Ini siaga ibukota,” tegas dia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengatakan akan rutin melakukan pengecekan ke masing-masing lurah dan camat. Dia menuturkan akan menegur camat atau lurah yang dinilai kurang baik kinerjanya.

“Pagi sebelum saya ke sini biasanya saya mampir ke satu dua tempat untuk lihat situasi. Dan tadi saya lakukan itu. Alhamdulillah baik situasinya, kalau ada yang perlu saya tegur, saya tegur. Tapi saya tegur tidak untuk mempermalukan, saya tegur untuk perbaikan,” ucap Anies. (dtc/ Riz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Tokoh | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.