logo seputarnusantara.com

Duh, Bos Pabrik PCC di Semarang dan Solo Racik Obatnya dengan Ngawur

4 - Dec - 2017 | 15:49 | kategori:Hukum

Semarang. Seputar Nusantara. Obat terlarang Paracetamol Caffein Caresoprodol (PCC) yang diproduksi di Semarang dan Solo dibuat dengan ngawur. Petugas BNN belum menemukan indikasi pemiliknya memiliki latar belakang bidang farmasi.

Hal itu diungkapkan Kepala BNN, Komjen Budi Waseso saat jumpa pers di pabrik PCC Jalan Halmahera nomor 27 Semarang. Pelaku utama yaitu Joni membuat berdasarkan perkiraan dan pengalaman karena diduga ia bukan pemain baru.

“Tidak ada hubungan farmasi, ngawur-ngawur. Berdasar perkiraan dan pengalaman. Dia bukan pemain baru karena pintar meracik. Ini dari berbagai bahan,” kata Buwas, Senin (4/12/2017).

“Ini memerlukan keahlian yang bisa didapat dari pendidikan atau pengalaman. Secara pendidikan formal belum ada,” imbuhnya.

Pabrik PCC di Semarang mampu memproduksi 9 juta PCC dan Dextro setiap harinya. Pelaku mengemas dengan paket berisi 1.000 butir atau kemasan kaplet dengan memalsu merek milik perusahaan farmasi yang sudah cukup ternama.

“Ini jelas ilegal,” tegas Buwas.

Untuk diketahui, PCC asli sebenarnya obat untuk mengobati masalah otot dan pegal-pegal dengan kandungan Carisprodolum 200 mg, Acetaminophenum 150 mg, dan caffeium 32 mg. Namun kandungannya disalahgunakan dengan pemakaian yang serampangan. Semua jenis obat PCC dari berbagai produsen sudah dilarang produksi sejak 3 tahun lalu.

Joni juga melakukan pemalsuan karena pada PCC buatannya tertera tulisan “zenith” dan dalam kemasan kaplet juga di tertulis Carnophen yang merupakan obat pegal yang sudah lama tidak lagi diproduksi lagi.

PT Zenith Pharmaceutical bahkan sudah menarik produk Carnophen tersebut sejak 27 Oktober 2009 dan tidak lagi memproduksinya setelah ada surat dari Badan POM No: PO.02.01.1.31.3997 dan HK.00.05.1.31.3996. Jadi bisa dipastikan PCC mengatasnamakan “Zenith” tersebut palsu. (dtc/Riz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Hukum | TRACKBACK |

Silakan Mengisi Komentar

You must be logged in to post a comment.

Tulisan dengan Kategori Hukum