logo seputarnusantara.com

Fadholi : Pasca Musibah Banjir, Pemerintah Harus Perbaiki Infrastruktur

Fadholi : Pasca Musibah Banjir, Pemerintah Harus Perbaiki Infrastruktur

Drs. H. Fadholi, Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai NasDem (Nasional Demokrat)

4 - Dec - 2017 | 22:18 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. BNPB menyatakan bahwa dampak siklon tropis Cempaka telah menyebabkan bencana banjir, longsor dan puting beliung di wilayah Jawa, tetapi DI Yogyakarta, Wonogiri, Pacitan dan Ponorogo adalah daerah yang paling terdampak karena berjarak paling dekat dengan siklon tropis Cempaka.

“Cuaca ekstrem telah menyebabkan banjir, longsor dan puting beliung di 28  kabupaten/kota di Pulau Jawa dan Bali,” kata Sutopo Purwo Nugroho, jubir BNPB dalam pernyataan yang diberikannya.

Data sementara yang dihimpun Posko BNPB, bencana tersebut terjadi Kabupaten Situbondo, Sidoarjo, Pacitan, Wonogiri, Ponorogo, Magetan, Serang, Cilacap, Sragen, Boyolali, Trenggalek, Sukabumi, Purworejo, Magelang, Tulungagung, Semarang, Klaten, Malang, Wonosobo, Klungkung, Kota Yogyakarta, Gunung Kidul, Kulon Progo, Sleman, Bantul, Kudus, dan Sukoharjo.

Menurut Drs. H. Fadholi, Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, bahwa pemerintah harus serius menangani wilayah yang terkena musibah banjir, tanah longsor dan angin kencang.

” Bagi para petani yang gagal panen karena terkena banjir dan tanah longsor, pemerintah perlu memberikan subsidi dana. Bagi petani yang sudah mengasuransikan pertaniannya, itu sudah pasti diberi dana. Namun bagi yg belum atau tidak ikut asuransi pertanian, pemerintah juga perlu membantu,” ungkap Fadholi kepada seputarnusantara.com di Gedung Nusantara 1 DPR RI pada Senin 4 Desember 2017.

Menurut Fadholi, kalau yang sudah dapat asuransi tidak perlu dbahas, karena sudah pasti dapat uang asuransi. Tetapi kalau yang tidak ikut asuransi, itu yang perlu diperhatikan oleh pemerintah.

” Selanjutnya, pemerintah juga harus segera mengecek infrastruktur yang rusak. Kemudian pemerintah harus segera memprioritaskan pembangunan infrastruktur yang terkena dampak banjir dan longsor pada awal 2018,” tegas Fadholi, Politisi Partai NasDem ini.

Pemerintah, lanjutnya, harus segera memberikan perhatian serius terhadap dampak cuaca ekstrem yang akhir- akhir ini terjadi di Indonesia. Pasca bencana, pemerintah harus sigap menanganinya.

” Pasca bencana, disamping Kementerian Sosial yang menangani, disamping BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), juga ada tugas dan tanggungjawab Kementerian Pertanian dalam menangani pasca bencana yang terkait dengan kepentingan petani dan areal pertanian,” pungkas Fadholi di penghujung wawancara. (Aziz).

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | TRACKBACK |

Silakan Mengisi Komentar

You must be logged in to post a comment.

Tulisan dengan Kategori Headline