logo seputarnusantara.com

Ali Mahir : Vaksin Difteri Mencukupi dan Masyarakat Tidak Perlu Khawatir

Ali Mahir : Vaksin Difteri Mencukupi dan Masyarakat Tidak Perlu Khawatir

Ir. H. Ali Mahir, MM., Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai NasDem (Nasional Demokrat)

16 - Jan - 2018 | 05:00 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Difteri banyak dialami oleh anak-anak, namun bukan berarti orang dewasa secara otomatis bebas difteri.

Sebagaimana pada anak, vaksinasi difteri juga perlu diberikan untuk orang- orang dewasa guna mencegah penyebaran penyakit difteri.

Kementerian Kesehatan RI menganjurkan vaksinasi difteri sebagai upaya penanggulangan dan pencegahan meluasnya KLB (Kejadian Luar Biasa) difteri di Indonesia.

Program vaksinasi dari pemerintah Indonesia melalui ORI (Outbreak Response Immunization), memberikan imunisasi difteri terutama bagi penduduk Indonesia berusia 1-19 tahun yang tinggal di sekitar penderita difteri.

Sedangkan vaksinasi difteri pada orang dewasa diharapkan dapat dilakukan secara mandiri di fasilitas kesehatan pemerintah atau swasta.

Menurut Ir. H. Ali Mahir, MM., Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, bahwa sebenarnya kesiapan Kementerian Kesehatan RI dalam melakukan vaksinasi difteri sudah siap. Kementerian Kesehatan juga menyatakan bahwa ketersediaan vaksin difteri mencukupi.

” Mengenai stok vaksin difteri itu cukup. Cuma, penyebaran vaksinasi difteri memang belum merata ke beberapa wilayah di Indonesia,” ungkap Ali Mahir kepada seputarnusantara.com di gedung Nusantara 1 DPR RI- Senayan, pada Senin 15 Januari 2018.

Ali Mahir memaparkan, Vaksinasi difteri sudah dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI dan cukup bagus pelaksanaannya. Sehingga program ini perlu didukung oleh seluruh lapisan masyarakat.

” Kementerian Kesehatan dan Bio Farma sudah siap. Kalau beberapa wilayah belum terjangkau vaksinasi difteri, itu disebabkan karena faktor transportasi dan distribusi saja,” tegas Ali mahir, Politisi Partai NasDem ini.

Kemudian, lanjutnya, stok vaksin difteri mencukupi dan masyarakat tidak perlu khawatir akan hal tersebut.

” Kita semua harus mengantisipasi dan mewaspadai difteri ini. Karena difteri menyerang tidak hanya anak- anak, semua usia bisa terkena. Oleh karena itu, kita patut mewaspadai,” pungkas Ali Mahir di penghujung wawancara. (Aziz)

Difteri banyak dialami oleh anak-anak, namun bukan berarti orang dewasa secara otomatis bebas difteri. Sebagaimana pada anak, vaksinasi difteri juga perlu diberikan untuk orang orang dewasa guna mencegah penyebaran penyakit difteri
Kementerian Kesehatan RI menganjurkan vaksinasi difteri sebagai upaya penanggulangan dan pencegahan meluasnya KLB (Kejadian Luar Biasa) difteri di Indonesia. Program vaksinasi dari pemerintah Indonesia melalui ORI (Outbreak Response Immunization), memberikan imunisasi difteri terutama bagi penduduk Indonesia berusia 1-19 tahun yang tinggal di sekitar penderita difteri. Sedangkan vaksinasi difteri pada orang dewasa diharapkan dapat dilakukan secara mandiri di fasilitas kesehatan pemerintah atau swasta.

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline