logo seputarnusantara.com

Muhammad Iqbal Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Bertema Kebhinekaan

Muhammad Iqbal Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Bertema Kebhinekaan

H. Muhammad Iqbal, SE., M. Com., saat menjadi nara sumber Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

20 - Feb - 2018 | 20:57 | kategori:Headline
Nama Instansi/Organisasi/Dapil
:
Jorong Kampeh Nagari Simarasok Kecamatan Baso
2
Provinsi/Kab./Kota
:
Sumatera Barat/Kabupaten Agam
3
Tempat Pelaksanaan
:
Gedung Pertemuan Jorong Kampeh Nagari Simarasok Kecamatan Baso
Sumatera Barat/Kabupaten Agam
4
Tanggal Pelaksanaan
:
10 Februari 2018
5
Nara sumber
:
Anggota MPR RI
MUHAMMAD IQBAL, SE.,  M. Com.
6
Jumlah Peserta
:
150  (seratus lima puluh) orang
Peserta terdiri dari Tokoh Adat,Tokoh Masyarakat,Anggota Bamus,Kerapatan Adat Nagari,Wali nagari dan kepala Jorong Kampeh Nagari Simarasok Kecamtan Baso Kabupaten Agam..
Tema: Keteladanan Pemimpin dibutuhkan untuk merawat Kbhinekaan.

Kabupaten Agam. Seputar Nusantara. Pada tanggal 10 Februari 2018, kembali dilakukan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yakni Pancasila, UUD’ 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Untuk itu Anggota DPR RI dari Fraksi PPP (Partai Persatuan Pembangunan) H. Muhammad Iqbal, SE., M. Com., kembali melaksanakan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Jorong Kampeh Nagari Simarasok Kecamatan Baso Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Peserta Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan adalah Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Anggota Bamus, Kerapatan Adat Nagari, Wali nagari dan Kepala Jorong Kampeh Nagari Simarasok Kecamtan Baso Kabupaten Agam- Sumatera Barat.

Kegiatan Sosialisasi tersebut dengan Nara Sumbernya adalah H. Muhammad Iqbal, SE., M. Com., Anggota MPR RI Fraksi PPP.

Kegiatan tersebut kerjasama dengan Jorong Kampeh Nagari Simarasok Kecamatan Baso, Kabupaten Agam- Sumatera Barat.

Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara tersebut diikuti oleh 150 orang.

Dalam paparannya, Iqbal menjelaskan bahwa MPR terdiri atas Anggota DPR dan Anggota DPD yang dipilih melalui pemilihan umum. MPR merupakan Lembaga Permusyawaratan Rakyat yang berkedudukan sebagai Lembaga Negara.

Berdasarkan ketentuan Pasal 5 Undang-undang Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3), MPR mempunyai tugas : memasyarakatkan ketetapan MPR; Memasyarakatkan Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika ; Mengkaji system ketatanegaraan, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 2015, serta pelaksanaannya ; dan Menyerap aspirasi masyarakat berkaitan dengan pelaksanaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Menurut Politisi PPP ini, kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara mempunyai tujuan diantaranya; untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika dan Ketetapan MPR, serta untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya seluruh penyelenggara pemerintah dan diharapkan agar masyarakat memahami serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

Tema yang diangkat dalam kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan tersebut adalah : ” Keteladanan Pemimpin Dibutuhkan Untuk Merawat Kebhinekaan.”

Menurut Muhammad Iqbal, bahwa Bhinneka Tunggal Ika merupakan konsensus nasional yang telah disepakati bersama.

Karena sudah menjadi konsensus nasional, maka sudah seharusnya seluruh elemen Bangsa Indonesia mempekuat Bhinneka Tunggal Ika demi menjaga NKRI.

” Jadi, Bhinneka Tunggal Ika merupakan kesepakatan bersama para pendiri bangsa Indonesia. Kita sebagai generasi penerus bangsa, wajib melestarikan Bhinneka Tunggal Ika agar NKRI semakin kokoh,” ungkap Muhammad Iqbal.

Iqbal memaparkan, dengan kondisi bangsa Indonesia seperti akhir- akhir ini, maka Bhinneka Tunggal Ika memiliki peranan yang sangat besar untuk mempersatukan seluruh elemen bangsa yang berbeda- beda suku, agama, ras dan golongan.

” Kalau Bhinneka Tunggal Ika terus diperkuat dalam rangka menjaga keutuhan NKRI, maka bangsa Indonesia yang majemuk ini bisa bersatu padu membangun negeri, sehingga bangsa kita akan maju dan bisa sejajar dengan bangsa- bangsa lain di dunia,” tegas Muhammad Iqbal, Anggota MPR RI dari Fraksi PPP ini.

” Keteladanan para Pemimpin di Negeri ini juga sangat dibutuhkan untuk merawat Kebhinekaan,” pungkas Muhammad Iqbal di penghujung wawancara. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline