logo seputarnusantara.com

Jenderal Tito Karnavian : Teror BOM di Surabaya & Sidoarjo Pakai BOM Pipa

Jenderal Tito Karnavian : Teror BOM di Surabaya & Sidoarjo Pakai BOM Pipa

Jenderal Pol. Tito Karnavian, Kapolri

14 - Mei - 2018 | 13:27 | kategori:Headline

Surabaya. Seputar Nusantara. Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian mengatakan kelompok teror di Jawa Timur merupakan jaringan JAD.

Mereka beraksi menggunakan bom pipa.

Tito awalnya menjelaskan aksi mereka ini karena ISIS pusat mendapat desakan.

Isis pun memerintahkan sel jaringan di seluruh dunia untuk beraksi.

“Untuk di Jatim sendiri, yang paling beraksi adalah JAD (Jamaah Anshorut Daulah) cabang Surabaya dipimpin Dita (Oepriarto). Kelompok ini melakukan langkah-langkah secara tertutup untuk melakukan serangan dengan mempersiapkan bom,” kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam konferensi pers di Mapolda Jatim, Senin (14/5/2018).

Kelompok ini menggunakan berbagai bom. Namun, bentuknya sama yaitu bom pipa baik di tiga gereja di Surabaya maupun rusunawa di Sidoarjo.

“Kita melihat bom yang digunakan bermacam-macam meskipun bentuknya hampir sama, yaitu bom pipa, tapi ada ditambah bensin seperti kasus di Jalan Arjuno Surabaya,” ujarnya.

Bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya pada Minggu (13/5) pagi dilakukan oleh satu keluarga yang dipimpin Dita dengan istri dan empat orang anaknya. Dita ini adalah pimpinan JAD sel Surabaya.

Kemudian pada malam harinya, ada ledakan di Rusunawa Wonocolo Sidoarjo di hunian milik Anton. Pelaku di Sidoarjo bernama Anton yang merupakan teman dekat Dita.

“Pelaku Anton ini merupakan teman dekat saudara Dita pelaku bom bunuh diri di Gereja di Jl Arjuna. Mereka aktif berhubungan dan pernah berkunjung ke lapas napi terorisme tahun 2016,” ujar Tito. (dtc/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline