logo seputarnusantara.com

Agar Tidak Mengalami Haus Berlebihan Saat Puasa, Siasati Dengan 5 Trik Berikut Ini

18 - May - 2018 | 05:01 | kategori:Nasional

Jakarta. Seputar Nusantara. Biasanya di awal Ramadan, kita sering merasa sangat haus.

Lima trik ini bisa dilakukan agar rasa haus tak terlalu parah.

Puasa memang sejatinya menahan haus dan lapar.

Namun Anda bisa berstrategi agar rasa haus yang datang tak berlebihan. Salah satunya dengan memilih asupan makanan yang tepat.

Memperhatikan jumlah asupan air ke dalam tubuh juga penting. Berikut 5 trik mencegah haus berlebih saat Ramadan yang dikutip dari Nutright (17/5) :

1. Hindari makanan pedas
Sajian pedas memang bisa membangkitkan nafsu makan saat sahur maupun berbuka. Tapi makanan pedas dan terlalu berempah bisa memunculkan rasa haus berlebih. Terlebih jenis makanan ini juga bisa timbulkan efek samping perut tak nyaman atau panas setelah mengonsumsinya. Jadi hindari mengonsumsi makanan pedas terutama saat sahur kalau tak ingin cepat haus.

2. Banyak makan buah dan sayur
Buah dan sayur adalah pemasok air dan energi alami untuk tubuh. Perbanyak konsumsi buah dan sayur agar tubuh bugar dan tidak cepat haus. Selain buah utuh, Anda bisa mengonsumsi buah dalam bentuk salad atau jus. Yang terpenting adalah tetap mengonsumsinya agar tubuh terhidrasi dengan baik.

3. Minum banyak air
Tak cuma saat sahur, Anda perlu meminum banyak air saat buka puasa. Ini agar tubuh kembali terhidrasi dan mendapat asupan air yang cukup usai seharian berpuasa. Minum banyak air saat buka puasa juga jadi cara mudah memenuhi kebutuhan air harian dibanding jika Anda harus memaksimalkannya hanya saat sahur yang waktunya sempit.

4. Hindari kafein
Penyuka kopi atau teh sebaiknya tak terlalu sering menenggak minuman favoritnya saat puasa. Pasalnya minum banyak kafein bisa memunculkan rasa haus dan membuat Anda lebih sering buang air kecil. Akibatnya tubuh juga tidak terhidrasi dengan baik.

5. Cara benar penuhi kebutuhan air
Anjuran minum air putih 8 gelas sehari tidak terlalu tepat. Menurut ahli gizi, cara benar memenuhi kebutuhan air adalah dengan menyesuaikannya berdasarkan berat badan. Didasarkan pada perhitungan 40 cc per kilo gram berat badan.

Jadi, jika seseorang berat badannya 50 kg maka kebutuhan airnya sekitar 2000 cc atau 2 liter. Namun kebutuhan air ini tidak hanya didapat dari air putih. Bisa juga dari air buah, air sayur, susu dan banyak lainnya. (dtc/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Nasional | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.