logo seputarnusantara.com

Carles Simaremare : Ke- Bhinekaan Untuk NKRI Harus Terus Diperkuat

Carles Simaremare : Ke- Bhinekaan Untuk NKRI Harus Terus Diperkuat

Pdt. Carles Simaremare, S. Th., M. Si., Anggota DPD/ MPR RI dari daerah Pemilihan Papua saat menyelenggarakan Sosialisasi Pilar Kebangsaan

18 - Jun - 2018 | 11:01 | kategori:Headline

Jayapura. Seputar Nusantara. Untuk meningkatkan rasa Nasionalisme dan ke- Bhinekaan yang sudah mulai luntur, maka diadakan program 4 Pilar kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Sebagai implementasi dari program 4 Pilar MPR RI tersebut, maka pada hari Minggu tanggal 10 Juni 2018 yang lalu, Anggota DPD RI/ MPR RI dari Daerah Pemilihan Papua Pdt. Carles Simaremare, S.Th., M.Si., menggelar kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI bagi masyarakat Waena Kabupaten Jayapura.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Paguyuban Masyarakat Sabang- Merauke Expo Waena.

Menurut Pdt. Carles Simaremare, kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara mempunyai tujuan diantaranya ; untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika dan Ketetapan MPR, serta untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya seluruh penyelenggara pemerintah dan diharapkan agar masyarakat memahami serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

“ Dengan adanya perbedaan kebudayaan dan pandangan di Negara Indonesia menjadikan bangsa ini menjadi bangsa yang kuat dan bersatu untuk mencapai satu tujuan,” ungkap Carles Simaremare.

Dalam sesi dialog, masyarakat memberikan masukan dan saran- saran, mengenai kegiatan Sosialisasi ini diharapkan terus dilakukan kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama generasi muda sebagai ujung tombak penerus pembangunan bangsa.

“ Dengan kegiatan ini diharapkan ada pemerataan pemahaman tentang nilai- nilai Pancasila, ke- Bhinekaan dan Kebangsaan bagi seluruh masyarakat Indonesia termasuk wilayah Papua,” terang Pdt. Carles Simaremare menutup acara.

Menurut Carles Simaremare, ke- Bhinekaan harus terus diperkuat agar Bangsa Indonesia semakin kuat dalam persatuan dan kesatuan.

” Sebab, ke- Bhinekaan merupakan kekayaan bagi Bangsa Indonesia. Kalau Bangsa Indonesia bisa merajut ke- Bhinekaan menjadi komponen atau alat pemersatu bangsa, maka Bangsa Indonesia akan semakin kuat dan maju,” jelasnya.

Jadi, lanjutnya, dalam perbedaan- perbedaan yang ada di Indonesia, justru harus menambah kekuatan persatuan dan kesatuan Bangsa.

” Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk dan bangsa yang besar. Kalau kita semua bisa mengelola kemajemukan tersebut, maka justru akan memperkuat Bangsa Indonesia dan akan mempercepat kemajuan Bangsa,” pungkas Carles Simaremare. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline