logo seputarnusantara.com

Eddy Kusuma Wijaya : Penyelenggara Pileg dan Pilpres 2019 Harus Netral

Eddy Kusuma Wijaya : Penyelenggara Pileg dan Pilpres 2019 Harus Netral

Irjen Pol. (Purn) Drs. H. Eddy Kusuma Wijaya, SH., MH., MM., Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan

19 - Jul - 2018 | 19:14 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden secara langsung oleh rakyat akan diselenggarakan pada bulan April 2019.

Berbagai persiapan sudah dilakukan, baik oleh Partai Politik sebagai peserta Pemilu, KPU (Komisi Pemilihan Umum), Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu), maupun oleh Kepolisian Republik Indonesia.

Persiapan demi persiapan yang telah dan sedang dilaksanakan bertujuan demi suksesnya penyelenggaraan pesta demokrasi 5 tahunan tersebut.

Menurut Irjen Pol. (Purn) Drs. H. Eddy Kusuma Wijaya, SH., MH., MM., Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, bahwa pelaksanaan Pilkada serentak 2018 kemarin bisa dijadikan bahan pelajaran dan evaluasi bagi penyelenggara Pemilu agar kedepannya lebih bagus lagi.

” Jadi, penyelenggaraan Pilkada serentak 2018 kemarin, bisa jadi bahan pembelajaran dan evaluasi bagi pihak- pihak yang terkait dengan Pemilu seperti KPU, Bawaslu dan Polri. Sebab, 3 Lembaga tersebut berkaitan langsung dengan suksesnya pesta demokrasi,” ungkap Eddy Kusuma kepada seputarnusantara.com di Gedung Nusantara 1 DPR RI- Senayan, pada Kamis 19 Juli 2018.

Eddy Kusuma menjelaskan, laporan- laporan masyarakat terkait pelanggaran Pilkada serentak kemarin, seharusnya bisa ditindaklanjuti oleh KPU, Bawaslu dan Polri. 3 komponen lembaga tersebut harus mampu menuntaskan pelanggaran Pilkada serentak.

” Kan ada Gakkumdu (Penegak Hukum Terpadu) yang terdiri dari unsur Pengawas Pemilu, Kejaksaan dan Kepolisian, harus mampu menindak semua pelanggaran Pilkada, sehingga hal seperti itu tidak terulang kembali, seperti adanya pelanggaran money politics,” ucap Politisi PDI Perjuangan ini.

Eddy Kusuma lebih jauh memaparkan, dalam rangka persiapan pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 secara serentak juga, penyelenggara Pemilu harus lebih matang dan disiplin dalam menjalankan tahapan- tahapannya. Kalau tahapan Pileg dan Pilpres 2019 dilaksanakan dengan penuh kedisiplinan dan kematangan, maka dirinya yakin pesta demokrasi 2019 akan berjalan dengan sukses.

” KPU, Bawaslu dan Polri harus disiplin dan matang dalam menjalankan tahapan- tahapan Pileg dan Pilpres 2019. Kalau 3 lembaga ini disiplin dan matang dalam bekerja, saya yakin hasilnya akan maksimal dan sukses,” tegas Eddy Kusuma.

Dirinya menekankan agar KPU, Bawaslu dan Polri netral dalam pelaksanaan Pemilu, baik Pileg maupun Pilpres 2019. Kalau 3 lembaga tersebut netral dan tidak berpihak pada kepentingan kelompok tertentu, maka Pileg dan Pilpres 2019 akan berjalan dengan lancar, aman, damai dan sukses.

” Saya tegaskan agar KPU, Bawaslu dan Polri netral dalam Pemilu. Jangan mau dikendalikan oleh kelompok tertentu demi meraih kekuasaan. Jadilah penyelenggara Pemilu yang netral, jujur dan adil. Utamakan kepentingan bangsa dan negara, dan kesampingkan kepentingan sesaat baik itu materi maupun kekuasaan,” terang Eddy Kusuma.

Agar Pileg dan Pilpres 2019 berjalan dengan sukses, dirinya berpesan kepada seluruh rakyat Indonesia agar menggunakan hak pilihnya dengan baik. Gunakan hak pilih sebaik- baiknya dan jangan mau dibeli suaranya.

” Pada kesempatan ini saya berpesan kepada seluruh rakyat Indonesia agar mematuhi segala peraturan yang berlaku terkait dengan Pileg dan Pilpres 2019. Kalau rakyat patuh terhadap peraturan, maka saya yakin pesta demokrasi 2019 akan berjalan dengan lancar, aman, damai dan sukses,” pungkas Eddy Kusuma di penghujung wawancara. (Aziz)


BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline