logo seputarnusantara.com

Laksamana Agus Suhartono Jadi Panglima TNI, Dilantik Selasa Hari Ini Oleh SBY

28 - Sep - 2010 | 02:05 | kategori:Pertahanan

agus sJakarta. Seputar Nusantara. Presiden SBY akan melantik Laksamana Agus Suhartono menjadi Panglima TNI hari ini. Agus menggantikan Jenderal Djoko Santoso yang akan memasuki masa pensiun. “Informasi dari Setneg pelantikan digelar hari Selasa,” ujar Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Prakoso, Senin (27/9/2010) malam. Sebelumnya, DPR telah menilai Agus layak menjadi Panglima TNI setelah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR. Jalan Agus ke kursi nomor satu di tubuh TNI itu mulus tanpa hambatan. Berbeda dengan bursa pemilihan Kapolri, pergantian Panglima TNI cenderung adem ayem. Internal TNI pun sudah mengisyaratkan posisi Panglima TNI kali ini memang akan dijabat Agus, yang mewakili TNI AL.

“Sekarang kan AL. Itu kalau digilir ya,” ujar KSAU Marsekal Imam Sufaat jauh sebelum SBY resmi mengajukan nama Agus ke DPR sebagai calon tunggal.

Kalangan LSM yang menyoroti TNI dan HAM pun menyambut baik pemilihan Agus sebagai calon Panglima TNI. Kebutuhan penegakkan kedaulatan dan keamanan di laut serta figur yang relatif bersih dari isu pelanggaran HAM, membuat sosok Agus bisa diterima.

“Menurut kami Agus Suhartono pilihan yang tepat melihat kebutuhan negara saat ini,” ujar Direktur Program Imparsial, Poengky Indarti pekan lalu.

Dalam uji kelayakan dan kepatutan di DPR kemarin, Agus berjanji untuk membangun Minimum Essential Force (MEF) TNI di darat laut dan udara. Agus pun menyatakan untuk menjaga netralitas TNI, dan meminta agar TNI tidak diseret-seret dalam politik. Agus juga menyatakan TNI siap membantu Polri untuk menanggulangi aksi terorisme.

Agus Suhartono menjadi Laksamana kedua yang menjadi panglima TNI, setelah Laksamana Widodo AS. (dtc/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Pertahanan | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.