logo seputarnusantara.com

Imam Suroso: Pemerintah Harus Pulangkan Korban Trafficking Sukabumi

Imam Suroso: Pemerintah Harus Pulangkan Korban Trafficking Sukabumi

H. Imam Suroso, S. Sos., SH., MM., Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan

6 - Sep - 2018 | 15:40 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Seorang remaja bernama Entin Suntini diduga menjadi korban perdagangan manusia atau human trafficking.

Gadis berusia 16 tahun itu kini berada di Selangor, Malaysia bersama Neng Ai Maryati seorang warga Indonesia yang tinggal di negeri jiran tersebut.

Informasi yang diberikan Neng Ai, Entin disebut tersasar di Malaysia setelah sebelumnya sempat transit di Batam lalu berangkat menggunakan kapal Feri ke Malaysia.

Dari cerita yang diperoleh dari Entin, Neng Ai menduga remaja tersebut telah menjadi korban human trafficking.

Kepada Neng Ai, Entin mengaku tinggal di Kampung Kadupugur RT. 04/ RW. 03 Desa Wangureja, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Dia berharap bisa pulang ke Indonesia dan bertemu dengan keluarganya.

Menurut H. Imam Suroso, S. Sos., SH., MM., Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan bahwa dengan adanya kasus tersebut, dirinya berharap agar Pemerintah segera menuntaskannya, sebab, Entin juga warga negara Indonesia yang wajib dilindungi.

” Walaupun Entin ke Malaysia secara illegal (tidak resmi), Pemerintah harus tetap menuntaskan kasus tersebut. Memang ini semua berawal dari salahnya si korban dan para mafia yang memberangkatkan Entin ke Malaysia melalui jalur illegal. Para mafia penyalur tenaga kerja illegal harus ditindak tegas dan diberantas,” ungkap Imam Suroso kepada seputarnusantara.com di Gedung Nusantara 1 DPR RI- Senayan, pada Kamis 6 September 2018.

Kemudian Imam Suroso menjelaskan, seharusnya kalau Entin mau bekerja ke luar negeri, maka harus melalui jalur resmi dan menggunakan dokumen- dokumen yang sah. Sehingga, jikalau nantinya ada masalah di luar negeri, maka akan lebih cepat ditangani sebab dokumennya lengkap.

” Apapun dan bagaimanapun Entin, tetap warga negara Indonesia, maka mau tidak mau Pemerintah Indonesia harus tanggungjawab. Melalui BNP2TKI, Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Luar Negeri, si Entin korban trafficking harus segera diselamatkan dan dipulangkan ke Indonesia,” tegas Imam Suroso.

Mudah- mudahan, lanjut Imam Suroso, Entin di Malaysia sekarang ini dalam kondisi sehat dan baik, serta keluarga yang sementara ini menampung Entin juga dalam keadaan baik, menunggu tindakan dan pemulangan yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia melalui KJRI di Malaysia.

” Jadi, saya tegaskan, ini adalah tanggungjawab negara terhadap rakyatnya. Negara harus bertanggungjawab dan segera memulangkan Entin dari Malaysia,” ucap Politisi PDI Perjuangan ini.

” Kami Komisi IX DPR RI akan selalu memantau dan mengawasi perkembangan kasus ini. Saya berharap agar Entin segera pulang ke Indonesia dalam keadaan sehat dan baik. Sehingga Entin bisa segera berkumpul dengan keluarganya di Sukabumi- Jawa Barat,” pungkas Imam Suroso di penghujung wawancara. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline