logo seputarnusantara.com

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Soroti RI yang Masih Impor Ikan hingga Teh

24 - Sep - 2018 | 16:14 | kategori:Nasional

Jakarta. Seputar Nusantara. Menteri Keuangan menyinggung soal jenis teh yang masih diimpor Indonesia.

Jenis teh tersebut adalah teh beras merah.

“Aroma beras merah itu impor dari Jepang. Masa Indonesia nggak bisa bikin kaya green tea itu kita impor dan itu ada demand-nya banyak, restoran Jepang di Jakarta,” ujar Sri Mulyani dalam Seminar Nasional Peningkatan Ekspor Nasional dan Dukungan Pemangku Kebijakan dalam rangkaian Hari Ulang Tahun Indonesia Eximbank ke-9 di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Senin (24/9/2018).

Selain teh, Sri Mulyani juga menyoroti sejumlah komoditas yang masih bergantung dari impor. Sri Mulyani menyebutkan ada sejumlah produk perikanan yang juga masih dipenuhi dari impor.

“Indonesia lebih banyak laut daripada darat, harusnya nggak ada impor ikan kecuali ikan langka,” kata Sri Mulyani.
Tidak hanya komoditas makanan, untuk jenis tekstil, Indonesia juga masih tergantung dari impor berupa barang mentah atau raw material. Sri Mulyani menginginkan hasil produk tekstil tersebut bisa diekspor lagi dalam bentuk barang jadi.

“Harusnya diekspor juga supaya seimbang,” kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani juga menyinggung idealisme Mahatma Gandhi. Tokoh yang memimpin rakyat India untuk lepas dari penjajahan Inggris memboikot produk sejumlah komoditas, antara lain garam, gula dan baju.

Sri Mulyani mengatakan, langkah Gandhi memboikot pakaian yang diimpor menunjukan perlawanannya terhadap penjajahan dan juga bisa menginspirasi banyak orang India.

“Mendingan pakai baju buatan tangan-tangan orang India sebagai menunjukkan independensi dan meningkatkan semangat merdeka, self sufficent,” kata Sri Mulyani. (dtc/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Nasional | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.