logo seputarnusantara.com

Eddy Kusuma Wijaya : Pemerintah Cepat Respon Tangani Gempa & Tsunami Palu

Eddy Kusuma Wijaya : Pemerintah Cepat Respon Tangani Gempa & Tsunami Palu

Irjen Pol. (Purn) Drs. H. Eddy Kusuma Wijaya, SH., MH., MM., Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan

3 - Okt - 2018 | 15:23 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Bencana Gempa Bumi dan Tsunami yang terjadi di Palu dan Dongggala- Sulawesi Tengah, pada Jumat 28 September 2018, menyisakan duka yang mendalam bagi para korban dan keluarganya.

Gempa Bumi berkekuatan 7,4 SR dan disusul dengan tsunami yang cukup besar, mengakibatkan banyak korban meninggal dunia, luka- luka, korban hilang, rumah dan infrastruktur mengalami kerusakan.

Berkaitan dengan musibah Gempa Bumi dan Tsunami tersebut, Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Irjen Pol. (Purn) Drs. H. Eddy Kusuma Wijaya, SH., MH., MM., turut berduka cita yang sedalam- dalamnya atas musibah yang menimpa masyarakat di Palu dan Donggala.

Pertama- tama, saya mengucapkan Inna Lillahi Wainna ilaihi Roji’un…saya turut berduka cita sedalam- dalamnya atas musibah gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala yang mengakibatkan ribuan orang meninggal dunia, dan sampai sekarang masih ada yang hilang belum ditemukan, bisa karena tertimbun reruntuhan, atau karena tergulung ombak ke laut,” ungkap Eddy Kusuma kepada seputarnusantara.com di Gedung Nusantara 1 DPR RI- Senayan, pada Selasa 2 Oktober 2018.

Kemudian kedua, Eddy Kusuma melanjutkan, pasca gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Pemerintah melalui BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), TNI dan Polri langsung bergerak cepat menangani bencana.

Respon cepat Pemerintah menangani bencana alam tersebut, menurutnya, merupakan bentuk empati Pemerintah kepada rakyat Indonesia yang terkena musibah. Disamping aparatur Pemerintah, penanganan musibah tersebut juga dibantu oleh para relawan dan masyarakat.

” Kita doakan, upaya- upaya Pemerintah menangani musibah gempa dan tsunami itu berhasil, dan para korban yang hilang segera ditemukan dalam kondisi selamat,” ucap Eddy Kusuma, Politisi PDI Perjuangan ini.

Kalau kita lihat, lanjutnya, bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala termasuk bencana besar yang mengakibatkan struktur tanah bergerak atau bergeser. Kalau dilihat dari film, video, youtube dari petugas yang menangani di Palu dan Donggala, ada pergeseran- pergeseran tanah yang cukup signifikan.

” Kalau berkaitan dengan Komisi saya yaitu Komisi II DPR, yang salah satunya bermitra dengan BPN (Badan Pertanahan Nasional), kami mengingatkan kepada BPN agar segera mengantisipasi terhadap pergeseran- pergeseran tanah tersebut. Jangan sampai terjadi, akibat pergeseran- pergeseran tanah tersebut, mengakibatkan kerugian pada masyarakat terkait luas tanah mereka,” tegas Eddy Kusuma.

Namun, lanjut Eddy Kusuma, pemerintah daerah tidak perlu khawatir, karena pemerintah pusat berkomitmen untuk membantu menangani korban gempa dan tsunami tersebut.

” Kami juga memberikan apresiasi yang sebesar- besarnya kepada Pemerintah khususnya kepada Bapak Presiden Jokowi, yang sehari setelah musibah gempa dan tsunami, beliau Bapak Presiden langsung terjun ke lapangan melihat situasi pasca gempa. Dan saya juga melihat, Bapak Presiden ikut menolong dan memberikan secara langsung bantuan Pemerintah kepada para korban gempa dan tsunami disana. Ini menggambarkan bahwa Pemerintah Pusat cepat tanggap dalam menangani korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala,” terangnya.

Kemudian, tambahnya, dirinya mendengar dan membaca berita bahwa dunia internasional dari beberapa negara siap membantu korban gempa & tsunamidi Palu dan Donggala.

Dunia internasional akan membantu apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat disana, sehingga penderitaan yang mereka alami akan segera tertolong.

” Ini sangat baik dan harus kita sambut komitmen dunia internasional untuk membantu korban gempa & tsunami di Palu dan Donggala,” pungkas Eddy Kusuma Wijaya di penghujung wawancara dengan seputarnusantara.com (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline