logo seputarnusantara.com

Jumlah Ibu Yang Melahirkan ke Dukun Bayi di Kabupaten Bondowoso Masih Tinggi

7 - Feb - 2019 | 14:10 | kategori:Nasional

Bondowoso. Seputar Nusantara. Angka ibu hamil melahirkan di dukun bayi di Bondowoso masih tinggi.

Angkanya mencapai 11,07 persen dari total jumlah ibu hamil.

“Memang relatif tinggi dibanding kabupaten terdekat, misalnya Jember dan Situbondo,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Bondowoso, Mohammad Imron, saat ditemui di kantornya Jalan Imam Bonjol, Kamis (7/2/2019).

Imron mengakui prosentase tersebut terbilang tinggi dibanding kabupaten sekitar. Namun jumlah sebenarnya sudah mulai turun.

Angka ibu melahirkan melalui dukun bayi pada tahun 2017 sebanyak 316. Sedangkan pada tahun 2018 sebanyak 176.

Menurutnya, memang banyak faktor yang mempengaruhi tingginya angka ibu hamil yag masih melahirkan ke dukun beranak. Salah satunya adalah kesadaran bumil yang masih rendah.

“Kami sudah intens melakukan sosialisasi dan edukasi pada para ibu hamil. Tetapi, faktor geografis juga berpengaruh,” jelas M. Imron.

Sebagai gambaran, saat seorang ibu hamil hendak menuju fasilitas kesehatan terdekat, namun terkendala karena aksesnya yang sulit. Sementara yang terdekat adalah dukun beranak. Maka mereka akhirnya berpindah ke rumah dukun beranak terdekat itu.

Data yang dihimpun, jumlah dukun bayi pada tahun 2018 di Kabupaten Bondowoso mencapai 450 orang. Dari jumlah itu hampir semuanya sudah bermitra dan mendapat binaan bidan desa setempat.

Para dukun bayi yang menjadi mitra dan telah mendapatkan edukasi dasar dari bidan setempat mendapat insentif sebesar 200 ribu, setiap membantu para ibu hamil. (dtc/Ath)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Nasional | TRACKBACK |

Silakan Mengisi Komentar

You must be logged in to post a comment.

Tulisan dengan Kategori Nasional