logo seputarnusantara.com

Badan Terasa Lemas dan Malas Bangun Pagi- pagi? 5 Tips Ini Bisa Dicoba

28 - Mar - 2019 | 07:55 | kategori:Agama dan Opini

Jakarta. Seputar Nusantara. Setiap orang punya momen saat dirinya merasa lesu ketika harus bangun pagi, meski sudah cukup tidur.

Menghadapi kondisi ini, biasanya bergelas-gelas kopi menjadi cara mengembalikan mood dan semangat menghadapi kegiatan sehari-hari.

Namun kelebihan kafein justru mengakibatkan munculnya gelisah, bolak-balik ke kamar mandi, dan cemas. Dikutip dari Health Line, ada cara yang lebih baik bagi yang merasa lesu, lemas, dan malas di pagi hari.

Berikut tipsnya :

1. Jangan matikan jam alarm

Alarm yang membangunkan secara mendadak berisiko membuat mood berantakan hingga muncl rasa lemas dan malas. Risiko ini bisa dihindari dengan menerapkan siklus tidur tiruan 90 menit dengan mengatur 2 jam alarm.

Jam pertama disetting berbunyi sesuai waktu bangun, sedangkan lainnya diatur berdering 90 menit lebih cepat. Teorinya adalah durasi 90 menit menyempurnakan siklus tidur tubuh, sehingga terbangun usai bukan dalam fase Rapid Eye Movement (REM).

2. Minum cukup air putih saat bangun pagi

Lesu dan lemah adalah gejala klasik dehidrasi yang bisa memicu ngantuk, perubahan dalam kemampuan kognitif, dan merusak mood.

Minum segelas air usai bangun di pagi hari mampu menyegarkan seluruh tubuh sebelum beraktivitas. Bila masih terasa lemas, jumlah air yang dikonsumsi bisa meningkat seiring minuman nonkafein lainnya.

3. Cuci muka

Air dingin dilaporkan bisa mengurangi rasa malas saat bangun di pagi hari atau bekerja. Jika tak memungkinkan mandi, cuci muka bisa menjadi sinyal bagi tubuh untuk segera beraktivitas.

Bagi yang malas ke wastafel atau kamar mandi, bisa menyediakan botol spray berisi air yang bisa disemprotkan saat bangun pagi. Selain air, semprotan yang berfungsi melembabkan kulit juga bisa menjadi pilihan.

4. Hindari gula hingga makan siang

Maksud tips ini bukan menghilangkan asupan gula sama sekali di pagi hari. Menu sarapan sebaiknya dipertimbangkan dengan hati-hati sehingga tidak didominasi gula.

Kopi manis, aneka kue, dan sereal bisa mengakibatkan lonjakan gula di pagi hari yang menimbulkan rasa lelah saat kadarnya mulai turun. Saat sarapan pastikan sayur dan buah selalu siap dikonsumsi.

5. Mengatur konsumsi kopi

Sama seperti gula, konsumsi kopi juga harus diatur supaya tidak menimbulkan rasa lelah. Sebuah riset melaporkan, konsumsi kopi berlebihan justru menyebabkan munculnya rasa lelah dan lemas.

Mengurangi konsumsi kopi ternyata bisa membantu menurunkan rasa lelah dan lemas di pagi hari. Bagi yang terbiasa mengonsumsi kopi sebaiknya hindari minum dalam gelas besar. Gelas yang lebih kecil bisa menjadi solusi mengurangi kopi. (dtc/Ath)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Agama dan Opini | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.