logo seputarnusantara.com

1 Juta Mobil Pribadi Diproyeksi Mudik Lebaran, Trans Jawa Paling Ramai

1 Juta Mobil Pribadi Diproyeksi Mudik Lebaran, Trans Jawa Paling Ramai

7 - May - 2019 | 14:20 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbang) telah menganalisa jalur-jalur pemudik yang ramai dilintasi.

Hal ini turut disampaikan pengamat transportasi, Djoko Setijowarno.

Dalam data analisa yang diberikan, pemudik yang menggunakan mobil pribadi dari wilayah Jabodetabek mencapai 4 Juta orang.

“Hasil penelitian Balitbang Perhubungan (April 2019), menunjukkan pemudik yang memakai mobil pribadi dari wilayah Jabodetabek sebesar 4.300.346 orang (28,9%),” kata Djoko melalui pesan singkat.

“Sebanyak 1.000.080 (unit) mobil paling banyak memilih jalan Tol Trans Jawa, yakni 399.962 mobil (40%). Tol Trans Jawa jadi pilihan utama pemudik tahun ini,” terang Djoko.

“Sisanya memilih jalur pantura 273.418 mobil (27,3%), jalan alternatif 119.883 mobil (12%), Trans Sumatera (bagi yang arah Sumatera) 88.335 mobil (8,8%), jalur pansela 84.830 mobil (8,5%) dan jalan lintas tengah Jawa 33.651 mobil (3,4%),” urai Djoko.

Lebih lanjut Djoko menyoroti bahwa rute ini akan menjadi ruas utama yang akan dilalui pemudik, fasilitas-fasilitas yang ada perlu dilengkapi untuk mendukung kenyamanan pemudik seperti rest area tambahan misalnya.

“Penambahan rest area di luar tol dekat gerbang tol lebih memungkinkan untuk mengantisipasi akan banyaknya pemudik yang ingin beristirahat sejenak. Berikan kemudahan dan keringanan biaya jika akan masuk tol di gerbang yang sama jika ada pemudik yang mau beristirahat di rest area dekat gerbang tol,” ungkap Djoko.

“Rest area tersebut dapat difasilitasi pemda setempat. Keberadaan rest area di sepanjang tol tidak akan mampu memenuhi semua pemudik lewat tol. Karena dalam kondisi anomali. Perhitungan kebutuhan jumlah rest area di tol berdasar kebutuhan arus kendaraan normal lewat tol,” urai Djoko. (dtc/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline