logo seputarnusantara.com

Jaksa Akan Eksekusi Baiq Nuril Usai Terima Salinan Putusan PK (Peninjauan Kembali)

7 - Jul - 2019 | 11:33 | kategori:Hukum

Mataram. Seputar Nusantara. Eksekusi atas Baiq Nuril Maknun, terpidana kasus perekaman ilegal menunggu salinan amar putusan Peninjauan Kembali (PK) dari Mahkamah Agung (MA).

Jaksa meminta Baiq Nuril kooperatif menjalani eksekusi untuk menjalani pidan 6 bulan penjara.

Hal itu disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Mataram I Ketut Sumadana yang menegaskan ekseuksinya dilaksanakan setelah pihaknya menerima amar putusan dari Mahkamah Agung.

“Jadi, paling lama satu bulan setelah diterima putusannya (Peninjauan Kembali), kita laksanakan,” kata Sumadana sebagaimana dilansir Antara, Minggu (7/7/2019).

Sebenarnya, kata dia, Kejari Mataram sebagai pihak yang bertugas melaksanakan putusan pengadilan bisa saja mengeksekusi Baiq Nuril berdasarkan putusan kasasinya yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap.

“Tapi kembali lagi, ini untuk menjamin kepastian hukum yang bersangkutan, kami memiliki kebijaksanaan untuk itu,” ujarnya.

Karena itu, Kajari Mataram meminta kepada terpidana Baiq Nuril untuk bersikap kooperatif ketika pihaknya mengagendakan eksekusi.

“Proses eksekusinya nanti terpidana akan kita panggil. Sampai dua kali, jika tidak hadir, akan kami panggil paksa untuk dibawa ke Lapas Mataram,” kata Sumadana.

Majelis hakim Mahkamah Agung dalam putusan sidang Peninjauan Kembali telah menolak permohonan terpidana Baiq Nuril.

Putusan itu diketuai majelis hakim Suhadi bersama anggotanya Desnayeti dan Margono. Ketiganya menguatkan vonis kasasi.

Di mana hakim kasasi menjatuhkan pidana hukuman untuk Baiq Nuril selama 6 bulan penjara dan denda Rp500 juta subsidair tiga bulan kurungan. Vonis hukuman itu sesuai dengan Pasal 27 Ayat 1 juncto Pasal 45 Ayat 1 UU Nomor 11/2008 tentang ITE. (dtc/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Hukum | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Hukum