logo seputarnusantara.com

Bencana Banjir Bandang di Wasior- Wondama, PMI : 95 Meninggal, 76 Hilang dan Ribuan Orang Mengungsi

8 - Oct - 2010 | 01:17 | kategori:Fenomena Alam

wasior abnjirTeluk Wondama. Seputar Nusantara. Korban banjir bandang di Kota Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, bertambah dari 87 menjadi 95 jiwa. Sementara hingga kini 76 orang dinyatakan masih hilang. Demikian data posko Palang Merah Indonesia (PMI) Distrik Wasior pukul 06.15 WIB, Jumat (8/10/2010). Sekretaris PMI Daerah Papua Barat La Abidin mengatakan, ada 1.061 warga yang mengalami luka-luka akibat bencana alam tersebut. Pasien yang dirujuk ke Nabire dengan helikopter berjumlah sekitar 87 orang.

“Yang meninggal di rumah sakit 3 orang,” katanya.

Menurut Abidin, tindakan yang dilakukan tim satuan penanggulangan bencana PMI saat ini adalah mencari korban yang tertimbun. Selain itu, mendata pengungsian dan penyemprotan vektor di lokasi mayat yang ditemukan.

“Karena mulai mengeluarkan bau menyengat dan dikhawatirkan menyebarkan wabah penyakit,” ungkap Abidin.

Sementara itu, imbuhnya, arus pengungsian yang meninggalkan Wasior terus berlanjut. Umumnya, warga mengungsi ke kabupaten terdekat semisal Nabire dan Manokwari.

“Mereka pergi dengan menumpang kapal laut,” tutup Abidin.

Pemerintah menetapkan tanggap darurat untuk bencana banjir di Wasior, Papua Barat, selama dua minggu. Setelah itu, baru memasuki tahap rekonstruksi dan rehabilitasi.

Dalam masa tanggap darurat ini, Gubernur Papua Barat dilarang untuk bepergian ke luar daerah demi memastikan penanganan korban banjir dapat berlangsung secara maksimal. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Fenomena Alam | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.