logo seputarnusantara.com

2 Tahun Tak Berangkat Haji, Mbah Moen Ke Tanah Suci Tahun Ini Untuk ‘Pulang’

2 Tahun Tak Berangkat Haji, Mbah Moen Ke Tanah Suci Tahun Ini Untuk ‘Pulang’

KH. Maimoen Zubair

7 - Aug - 2019 | 13:10 | kategori:Headline

Rembang. Seputar Nusantara. Keluarga mengungkap bahwa KH. Maimun Zubair rutin melaksanakan ibadah haji di tanah suci selama 30 tahun terakhir.

Namun, dua tahun terakhir pada 2017 dan 2018, Mbah Moen, sapaan akrabnya, sempat tak berangkat berhaji karena beberapa alasan.

Putra Mbah Moen, Majid Kamil MZ menyebut, pada tahun 2017 Mbah Moen menunda keberangkatan haji nya karena terdapat insiden crane jatuh di Mekah kala itu.

Kemudian pada tahun 2018 juga menunda keberangkatannya untuk berhaji karena faktor kondisi fisiknya.

“Hampir tiap tahun, kecuali dua kali. Mbah Moen selama 30 tahun ini hanya dua kali (tidak berhaji) ini ketika crane jatuh itu sama yang tahun kemarin. Yang jelas yang tahun ini Mbah Moen berusaha untuk mengurus visa sendiri,” kata Kamil, di kediaman Mbah Moen, Rembang, Selasa (6/8).

Sedangkan pada tahun ini, Mbah Moen disebut Kamil bertekad untuk tetap berangkat berhaji. Meski pada saat diantar oleh para putranya, Mbah Moen menurut Kamil tampak dalam kondisi yang lemas karena lelah.

“Saya sama Yasin itu mengantar sampai ke pintu gate yang masuk di pesawat itu. Ya memang tidak ada, beliau memang kelihatannya letih, sayah (lelah) gitu. Dan saya juga kasihan, bahkan saya sudah membopong ketika beliau beristirahat di VIP di bandara,” terangnya.

KH Maimun Zubair merupakan salah satu Kyai sepuh karismatik pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang. Ia wafat saat beribadah haji di tanah suci Mekah, kemarin. Jenazahnya pun telah dimakamkan di Jannatul Ma’la Mekah kemarin.

Mbah Moen berangkat berhaji bersama dengan sang istri, Bu Nyai Heni Maryam dan seorang santrinya, Asrofi. Kini sejumlah putra Mbah Moen telah bertolak ke Arab Saudi untuk berziarah sekaligus menggelar doa bersama di makam Mbah Moen di Mekah. (dtc/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | TRACKBACK |

Silakan Mengisi Komentar

You must be logged in to post a comment.

Tulisan dengan Kategori Headline