logo seputarnusantara.com

Para Jurnalis Kagumi Kreatifitas Mitra Binaan Jasa Raharja Cabang NTB

24 - Oct - 2010 | 05:31 | kategori:Pelayanan Masyarakat

JR NTBGambar atas : Pahlevi BS (paling kiri), Kepala Seksi Pengelolaan Opini Publik PT. Jasa Raharja (Persero) Pusat dan Para Jurnalis saat Kunjungan ke Jasa Raharja Cabang NTB

NTB. Seputar Nusantara. Keluarga besar Jasa Raharja Cabang NTB kembali mendapat kehormatan dari kalangan media di Jakarta . Kunjungan para Jurnalis media cetak dan elektronika terkemuka di Tanah air itu datang ke Jasa Raharja Cabang NTB untuk mengetahui secara pasti kinerja Cabang NTB dalam memberikan pelayanan serta tanggungjawab sosial bagi masyarakat  Bumi Gora.

Kunjungan wartawan cetak dan elektronika group Jasa Raharja yakni Aam.Masroni (Media Raharja), A. Basori (HarianPelita), Samsuri (Harian Berita Indonesia), Safri Malalo (RRI Pro 3), Ahmad Churi (Transindo), Singgih BS (Suara Karya), Handi Andrian (Media Indonesia), Syilviana Pravita (Bisnis Indonesia), dibawah koordinator  Pahlevi BS Kasi Pengelolaan Opini Publik Kantor Pusat. Kunjungan dilakukan selama 3 hari mulai 18 hingga 20 Oktober 2010.

Dihari pertama, para jurnalis yang rata-rata sudah senior ini langsung meninjau lokasi Usaha Kecil Menengah (UKM) yang merupakan mitra binaan Program Kemitraan & Bina Lingkungan (PKBL) Jasa Raharja NTB yang berlokasi di Gunung Sari Lombok Barat. Ditempat tersebut para jurnalis ini disuguhkan berbagai bentuk kerajinan tangan yang bahan dasarnya adalah bambu mulai dari kursi, meja makan serta berbagai pernak pernik rumahan yang semuanya berbahan dasar bambu.

Kerajinan bambu di Gunung Sari ini merupakan mitra binaan JR NTB sejak setahun yang lalu. Melihat potensi dari kerajinan ini yang cukup menguntungkan bagi masyarakat, Jasa Raharja NTB memberikan bantuan kepada masyarakat setempat yang telah memiliki kemampuan untuk mengolah bambu menjadi berbagai kerajinan dengan nilai ekonomi tinggi.

“Bagaimana manfaat yang diterima bapak setelah mendapat bantuan dari Jasa Raharja NTB,” ujar salah satu wartawan kepada salah seorang pengrajin binaan JR NTB.

Dari dialog yang dilakukan, kelompok pengrajin yang rata-rata masyarakat setempat  mengaku sangat berterimakasih kepada JR NTB yang telah memberikan bantuan modal untuk mendukung usaha kerajinan bambu yang saat ini sudah mulai dikirim keluar provinsi bahkan ada yang sampai manca negara. Menurut pengrajin, bantuan modal dari Jasa Raharja tersebut sangat berharga karena para pengrajin di Gunung Sari Lombok Barat itu rata-rata terkendala modal untuk mengembangkan produksi kerajinan bambunya.

Usai meninjau mitra binaan yang mengolah bambu menjadi kerajinan yang memiliki nilai ekonomis tinggi, rombongan kemudian melanjutkan perjalanan untuk meninjau mitra binaan JR NTB yang bergerak dibidang ukiran cukli/kerang (meja, kursi) khas Lombok tepatmya di Sayang-Sayang Kota Mataram. Ditempat ini, rombongan wartawan sangat mengagumi kreasi cukli yang dituangkan dalam bentuk ukiran khas Lombok.

Apalagi setelah melihat langsung proses pembuatannya yang membutuhkan kesabaran ekstra dan bernilai seni tinggi. Setelah melihat kerajinan cukli khas Lombok yang sudah terkenal hingga mancanegara itu, rombongan wartawan kemudian melanjutkan kunjungan ke kerajinan mutiara yang juga menjadi binaan Jasa Raharja NTB yang berlokasi di Karang Bedil Kota Mataram.

Mitra binaan yang satu ini mempunyai ciri khas tersendiri dalam hal pemasaran. Dengan menggunakan internet dalam bentuk website www.pearlandpearl.com dia memasarkan mutiaranya dan dilengkapi sertifikat resmi dari Hongkong untuk berjualan perhiasan mewah ini, banyak transaksi di dunia maya ini yang dilakukan baik dalam maupun luar negeri.

Diakhir kunjungan hari pertama, rombongan wartawan ini meninjau salah satu perusahaan transportasi umum yakni PO DAMRI  yang langsung diterima Kepala Stasiun PO DAMRI NTB  Adang  Zakaria. Ditempat tersebut para wartawan berbincang sederhana dengan suasana kekeluargaan terkait berbagai hal, salah satunya terkait hubungan pelayanan dengan JR NTB.

Dalam perbincangan singkat tersebut para wartawan mendapat informasi bahwa hubungan dengan stakeholder di NTB termasuk Jasa Raharja sangat harmonis, saling mendukung. Terkait masalah armadanya, Adang Zakaria mengaku transportasi darat khususnya bus masih sangat dibutuhkan. Pasalnya, NTB sebagai salah satu daerah kepulauan membutuhkan transportasi darat yang murah dan nyaman. ( jasaraharja.co.id/ Aziz )

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Pelayanan Masyarakat | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Pelayanan Masyarakat