logo seputarnusantara.com

Penyerapan Beras Perum BULOG Daerah Istimewa Jogjakarta 21.000 Ton

Penyerapan Beras Perum BULOG Daerah Istimewa Jogjakarta 21.000 Ton

21 - Nov - 2010 | 02:15 | kategori:Headline

Jogjakarta. Seputar Nusantara. Penyerapan beras Perum BULOG Divisi Regional Daerah Istimewa Yogyakarta per Oktober 2010 mencapai 21.000 ton, lebih rendah dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar 35 ribu ton.

“Merosotnya jumlah penyerapan beras oleh BULOG disebabkan turunnya produksi beras para petani akibat perubahan iklim yang mengganggu siklus produksi padi,” kata Kepala Divisi Regional Perum BULOG Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Murino Mudjono, di Yogyakarta, Kamis.

Ia mengatakan, angka tersebut masih jauh dari target penyerapan beras yang telah ditentukan sebelumnya yaitu 50.000 ton, hingga akhir tahun 2010 pihaknya hanya memasang target menyerap 35.000-40.000 ton beras dari petani lokal.

“Selain menurunkan jumlah produksi beras, perubahan cuaca secara ekstrem juga mengakibatkan kualitas panen petani turun, terutama menyangkut kadar air,” katanya.

Oleh karena itu, kata dia, BULOG mengoperasikan alat pengering yang ditempatkan di gudang Pajangan, Bantul dan gudang Wates, Kulon Progo.

Meskipun demikian, menurut dia, persediaan beras di gudang BULOG masih cukup untuk memenuhi penyaluran rutin hingga April 2011.

Jumlah tersebut, kata Murino termasuk untuk menyediakan beras bagi 201.628 rumah tangga miskin di provinsi DIY sebanyak 3.024 ton dalam setiap bulan.

“DIY tidak perlu mengimpor beras,” katanya.

Terkait dengan meningkatnya harga beras karena jalur distribusi terhambat akibat letusan Gunung Merapi, ia mengatakan pihaknya belum berencana untuk mengadakan operasi pasar.

“Belum ada permintaan operasi pasar dari Pemerintah Provinsi DIY, selain itu saat ini di beberapa daerah juga sedang musim panen padi,” katanya.

Operasi pasar, kata dia akan merugikan para petani karena harga jual beras akan jatuh. “Meskipun mengalami kenaikan, harga beras saat ini masih dalam kisaran normal,” katanya. (bulog.co.id/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline