Ulat Bulu Serang Jawa Timur, Jawa Tengah, Jakarta, Jogjakarta, Deli Serdang dan Beberapa Wilayah di Indonesia

Ulat Bulu Serang Jawa Timur, Jawa Tengah, Jakarta, Jogjakarta, Deli Serdang dan Beberapa Wilayah di Indonesia

14 - Apr - 2011 | 14:55 | kategori:Nasional

Jakarta. Seputar Nusantara. Wabah ulat bulu yang merebak di berbagai wilayah membuat banyak warga yang terkena bulunya gatal-gatal. Menkes Endang Rahayu Setyaningsih mengatakan korban ulat bulu bisa berobat ke Puskesmas gratis.

“Kita beri nasihat kalau kena ulat bulu cepat dihilangkan bulunya dengan dicuci.  Kalau gatalnya tidak hilang segera berobat ke Puskesmas, tidak usah bayar,” kata Endang usai melayat ke rumah duka wartawan senior Rosihan Anwar di Jl Surabaya, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (14/4/20110.

Endang mengatakan, hingga saat ini wabah ulat bulu belum dimasukkan menjadi bencana nasional. “Ini masalah pertanian, kalau di kesehatan belum terlalu mengganggu walaupun kalau gatal-gatal lumayan tidak enak juga,” katanya.

Wabah ulat bulu saat ini sudah mulai melanda ke Jakarta. Ulat-ulat bulu ini tiba-tiba saja bermunculan di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat, dan Plumpang, Jakarta Utara. Bulu-bulu ulat ini berterbangan sehingga mengganggu warga.

Ulat bulu juga merusak kebun mangga masyarakat di Purbolinggo dan kota-kota lainnya. Hama ini juga banyak ditemukan di Bali.

Penyebab serangan ulat bulu ini adalah susutnya hewan pemangsa seperti burung kutilang dan jalak, serta perubahan iklim. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Nasional | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Nasional