Muhammad Najib : Pertahanan Indonesia Harus Diperkuat di Daerah Perbatasan

Muhammad Najib : Pertahanan Indonesia Harus Diperkuat di Daerah Perbatasan

Ir. H. Muhammad Najib, M.Sc.,Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PAN ( Partai Amanat Nasional )

19 - May - 2011 | 06:20 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. ” Strategi Pertahanan Wilayah Indonesia harus mampu menjawab tantangan kedepan yang semakin kompleks. Upaya untuk mempertahankan wilayah Indonesia merupakan tanggung jawab kita semua. Selama ini kita mungkin memandang bahwa penanggung jawab upaya mempertahankan kedaulatan wilayah RI adalah TNI. Hal tersebut tidak tepat,” kata Ir. H. Muhammad Najib, M.Sc., Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PAN ( Partai Amanat Nasional ).

Najib menjelaskan bahwa kita semua harus bertanggung jawab untuk membantu negara dalam mempertahankan kedaulatan wilayah RI. Kerja sama dan sinergi antar instansi pemerintah, pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, pemerintah dengan swasta, dan pemerintah dengan masyarakat harus diperkuat.

” Kita harus menyusun strategi pertahanan wilayah perbatasan. Apabila perlu, kita harus menyusun sebuah undang-undang khusus untuk itu. Adapun beberapa pokok strategi yang dapat dilakukan dalam mempertahankan kedaulatan wilayah kita antara lain : Pemetaan Kembali Titik-Titik Perbatasan Indonesia, Bangun Jalan (Prioritaskan Pembangunan) di Sepanjang Perbatasan Darat, Bangun Wilayah Baru di Dekat Perbatasan, Pembangunan Pangkalan Militer di Dekat Perbatasan, Galakkan Kembali Transmigrasi, Pemberian Insentif Pajak, Pilih Pemimpin yang Kuat dan Tegas, Perkuat Diplomasi Internasional, dan Pembangunan Sistem Pendidikan yang Nasionalis,” jelas Najib kepada seputarnusantara.com di Gedung Nusantara 1 DPR- Senayan, Rabu 18 Mei 2011.

Menurutnya, bahwa dalam rangka memperkuat wilayah perbatasan Indonesia, maka ada 2 katagori yang harus diperhatikan. Pertama, mengenai perbatasan darat dan kedua, masalah wilayah perbatasan laut.

Perbatasan darat sudah jelas garis titiknya, oleh karena itu aparat TNI harus dipersenjatai yang kuat dengan ditempatkan di pos- pos yang bagus, gaji mereka harus dinaikkan dan personil TNI harus mempunyai kemampuan yang tangguh. Disamping itu, masyarakat di wilayah perbatasan juga harus mempunyai loyalitas yang tinggi terhadap NKRI agar tetap bangga menjadi WNI dan pemerintah harus terus berupaya memberikan kesejahteraan kepada mereka agar mereka hidup nyaman di wilayah perbatasan.

” Yang rawan adalah perbatasan laut, garis batas laut kita dengan negara tetangga belum final. Dengan Malaysia dan Singapura belum jelas garis batasnya, masih dalam proses negosiasi dan perundingan- perundingan. Perbatasan laut ini sangat kompleks, kita akan terus memfasilitasi supaya segera selesai. Kita harus mempunyai kapal cepat rudal untuk memperkuat wilayah perbatasan laut,” tandasnya.

” Kemudian, kita juga harus mempunyai kapal- kapal selam untuk menjaga wilayah perbatasan laut, sebab pelanggaran wilayah laut tidak hanya di permukaan saja, tetapi juga bisa dilakukan di dasar laut,” pungkas Muhammad Najib. ( Aziz )

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline