logo seputarnusantara.com

Pembunuh Politikus Liberal Pakistan Adalah Pengawal Pribadi Sang Politikus

Pembunuh Politikus Liberal Pakistan Adalah Pengawal Pribadi Sang Politikus

Malik Mumtaz Hussain Qadri, Sang Penembak Politikus

2 - Oct - 2011 | 06:35 | kategori:Internasional

Pakistan. Seputar Nusantara. Pengadilan Pakistan Sabtu waktu setempat menghukum seorang polisi atas kasus pembunuhan. Polisi tersebut dijatuhi hukuman mati kerena terbukti bersalah membunuh seorang politikus liberal negara itu, yang menginginkan revisi undang-undang tentang pelecehan.

Salman Taseer, Gubernur Punjab yang juga anggota dari partai yang memerintah, Partai Rakyat Pakistan (PPP), ditembak mati di depan sebuah kedai kopi dekat rumahnya di ibukota Islamabad yang rindang pada 4 Januari lalu.

Tak lama kemudian, seorang polisi yang adalah pengawalnya, Malik Mumtaz Hussain Qadri, mengaku dialah pembunuh bosnya itu. Aksi pembunuhan Qadri itu dipuji oleh ratusan kelompok Islam garis keras dan mereka menuntut sang polisi segera dibebaskan. Kelompok itu mengatakan Taseer pantas mati.

Qadri sendiri mengaku membunuh Taseer karena seruan politikus itu untuk mengamandemen undang-undang pelecehan. UU itu mengatur hukuman mati bagi siapapun yang melecehkan Nabi Muhammad.

“Pengadilan telah menghargai klien kami dengan kematian. Pengadilan mengumumkan hukuman mati untuknya,” kata Shuja-ur-Rehman, salah satu pengacara Qadri seperti dikuti AFP, Minggu (2/10/2011).

Hakim Pervez Ali Shah mengumumkan putusannya secara tertutup di pengadilan anti-terorisme. Sementara pengamanan ketat diberlakukan di rutan Adiyala, tempat Qadri ditahan, di pusat Kota Rawalpindi.

Lebih dari 500 orang berdemo di luar rutan, meneriakkan slogan mendukung Qadri, seperti “Bebaskan Mumtaz Qadri” dan “Kamis siap untuk mengorbankan hidup kami demi kehormatan Nabi Muhammad.” Para demonstran dilaporkan menutup jalan utama kota dengan membakar ban. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Internasional | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.