logo seputarnusantara.com

Trik- Trik Mengajari si Kecil Agar Mau Makan Bersama

Trik- Trik Mengajari si Kecil Agar Mau Makan Bersama

3 - Nov - 2011 | 02:20 | kategori:Kuliner

Jakarta. Seputar Nusantara. Repot dengan tingkah si kecil saat makan di restoran? Rewel, berteriak-teriak dan mengacak-acak makanan. Tak perlu cemas dengan tingkahnya. Beberapa cara bisa dicoba agar mereka bisa duduk manis saat makan.

Susah makan dan rewel saat makan merupakan masalah sebagian besar anak. Sebuah penelitian yang melibatkan 2.000 orang ini, menemukan ada 1 dari 5 orang tua menolak untuk makan di restoran karena perilaku buruk anak-anak mereka.

Dalam survei terhadap 2.000 orang ini ditemukan sekitar 35% orang tua yang mengeluh akan kebiasaan anak yang mengunyah sambil berbicara saat makan, 34% mengatakan susah mengatur anaknya tetap diam selama makan. Sedangkan 22% lainnya mengaku susah meminta anak menjaga sikap tubuhnya ketika makan serta 20% kewalahan mengajari mereka menggunakan sendok atau garpu.

Agar kebiasaan si kecil tidak berlanjut, mulailah ajari si kecil untuk lebih disiplin saat berada di meja makan atau makan bersama.

Jaga sikap tubuh
Sebelum makan, pastikan tubuh mereka tegak dan tangan tidak menyentuh meja makan. Berikan nasihat pada anak secara lembut untuk makan dengan mulut tertutup dan tidak berbicara ketika mengunyah. Cobalah dengan isyarat sederhana, dekatkan jari di bibir untuk menyuruhnya diam.

Peralatan makan ukuran kecil
Ketika makan, gunakan garpu pada tangan kiri dan pisau atau sendok pada tangan kanan. Tanyakan pada restoran apakah mereka memiliki sendok dan garpu berukuran lebih kecil agar mereka dapat makan dengan mudah.

Biarkan memilih makanan
Biarkan si kecil memilih makanan yang ingin mereka makan. Hal ini dilakukan untuk menghindari keributan yang akan muncul jika mereka diberikan sesuatu yang mereka tidak suka.

Ajarkan untuk tidak boros
Pastikan mereka makan semua makanan di piring. Mereka akan belajar untuk makan makanan dalam jumlah yang tepat dan tidak boros atau menyia-nyiakan makanan.

Jaga sikap
Banyak anak berteriak saat makan atau bertengkar karena merebutkan makanan. Cobalah ajari si kecil untuk menjaga sikap. Berikan contoh di depan mereka saat makan. Katakan jika Anda tidak suka perilaku mereka dan berikan penghargaan ketika mereka berperilaku baik saat makan bersama. Misalnya dengan memberikan waktu bermain lebih lama.

Fokus pada makan
Ketika makan, pastikan mereka tidak terganggu dengan game elektronik atau ponsel karena hal ini termasuk perilaku tidak sopan yang dilakukan di meja makan.

Hormati orang lain
Tanamkan pada mereka untuk selalu menghormai orang lain termasuk pelayan restoran. ‘Tolong’ dan ‘terima kasih’ adalah kata-kata yang paling penting untuk anda ajarkan pada mereka. (Riz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Kuliner | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.