logo seputarnusantara.com

Ngemil Sore Dengan Menu Takoyaki dan Es Krim Asli Jepang

Ngemil Sore Dengan Menu Takoyaki dan Es Krim Asli Jepang

7 - Nov - 2011 | 12:54 | kategori:Kuliner

Jakarta. Seputar Nusantara. Camilan kaki lima asal dari negeri sakura ini sudah populer. Bentuknya bulat-bulat dan terasa empuk saat digigit. Isiannya octopus, prawn,¬† atau crabstick. Ditemani dengan satu cup Yokomon ice cream¬† asli Jepang yang manis segar hmm… tottemo oishii desu!

Takoyaki merupakan salah satu camilan asal Jepang yang banyak digemari orang. Nama takoyaki berasal dari ‘tako’ yang berarti gurita dan ‘yaki’ yang berarti bakar atau panggang. Karena aslinya penganan ini berisi irisan daging gurita yang dipanggang. Di Indonesia penganan ini sudah banyak dijual di gerai atau kedai mungil di dalam mal.

Karena ingin ngemil yang gurih hangat, jadilah saya mampir ke Takoichi yang ada di Pluit Village. Tempatnya cozy dengan balutan nuansa merah cerah. Apalagi Takoichi tidak hanya menawarkan menu takoyaki, tetapi juga beberapa pilihan lainnya seperti okonomiyaki, yaki udon, Japanese burger, ebi tempura dan lain-lain.

Khusus untuk takoyaki ada dua pilihan isi yaitu 5 buah (Rp 23.000,00) dan 12 buah (Rp 48.000,00). Menurut sang penjual untuk yang 12 buah isiannya bisa dicampur campur. Karena takut kekenyangan saya memilih Tako Crab yang berisi 5 buah takoyaki. O ya, selain crabstick ada isian lainnya seperti octopus, prawn, smoked beef, dll.

Serunya makan langsung di kedai takoyaki ini bisa melihat proses pembuatannya. Membuat takoyaki ternyata gampang-gampang susah, meski adonannya cukup sederhana berupa tepung terigu, telur, dan kaldu dashi. Pertama-tama sedikit adonan dituang ke dalam cetakan setengah lingkaran dari besi.

Setelah adonan bagian pinggirnya matang barulah diberi irisan crabstick dan daun bawang. Lalu adonan dituangkan kembali dan dibolak-balik hingga bulat dan matang mengunakan dua buah tongkat mungil. Wah… seru juga!

Takoyaki yang sudah matang ditaruh dalam kotak dari kertas. Bola-bola tersebut diberi topping mayones, saus takoyaki, dan katsuobushi. Hmm… tampilannya sungguh menggoda! Meski masih mengepul panas saya nekad menyuapkannya ke dalam mulut. Camilan ini memang enak dinikmati saat masih mengepul hangat. Gurih-gurih lembut dan sedikit kenyal!

Saat takoyaki menyentuh lidah teksturnya terasa empuk dengan kejutan kenyal crabstick di bagian dalam. Rasa manis saus beradu serasi dengan gurihnya mayones, katsuobushi dan crabstick. Hmm… yummy! Kalau perut tidak terlalu lapar seporsi kecil ini pas untuk dinikmati sendiri.

Untuk pendamping takoyaki ini sengaja saya menolak tawaran minum dari sang pelayan. Pasalnya saya sudah mengincar Yokomon Ice Cream yang ada di bagian depan kedai takoyaki. Es krim premium asal Jepang ini memang bikin penasaran. Ditaruh dalam freezer dengan karakter animasi Jepang yang berwarna-warni. Pilihan rasanya cukup unik ada green tea, black sesame, red bean, yam, dark chocolate dan strawberry.

Pilihan saya jatuh pada es krim berwarna ungu, Yum alias taro. Setelah es krim dalam wadah cup tersebut di buka, kemudian ditancapkan pada alat yang ada di atas freezer. Saat sang pelayan memutar suatu tombol, olala… es krim padat tersebut berubah teksturnya menjadi halus dan pinggirnya bergerigi melingkar tinggi melewati bibir cup es krim.

Rasanya yang tidak terlalu manis dan tidak cepat cair membuat saya tak bisa berhenti menyuapkan es krim ini ke dalam mulut. Nyam nyam! Satu cup Yokomon Ice Cream dihargai Rp 15.000,00 untuk semua rasa. Wah, kapan-kapan saya pasti kembali ke Takoichi untuk menikmati camilan yummy Jepang lainnya.

Takoichi
Japanese Octopus Ball
Pluit Village Mall Lt.4
Jakarta Utara
HP: 0815 900 8418

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Kuliner | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.