logo seputarnusantara.com

Denty Eka Widi Pratiwi,SE (DPD Jateng): Jawa Tengah Sangat Potensial Sektor Pertanian dan Ternak

5 - May - 2010 | 04:09 | kategori:Daerah

Denty DPD JatengJakarta. Seputar Nusantara. Propinsi Jawa Tengah merupakan daerah yang kaya akan sumber daya alam. Sumber daya alam, baik pertanian maupun perkebunan terhampar luas di Propinsi yang ber- ibukota di Semarang itu. Potensi tersebut sangat disayangkan jika tidak dikembangkan secara maksimal dan merupakan aset nasional.

Menurut Denty Eka Widi Pratiwi, SE, anggota DPD / MPR RI dari Jawa Tengah, bahwa potensi Jawa Tengah di bidang pertanian adalah tanaman padi, yang hampir merata ada di seluruh wilayah Jawa Tengah. Embung- embung irigasi banyak dijumpai di areal- areal pertanian, sehingga akan memudahkan petani mengairi sawahnya.

Disamping itu, lumbung- lumbung padi juga banyak tersedia di hampir seluruh wilayah Jawa Tengah. Lumbung ini berfungsi untuk menyimpan gabah. Dengan sarana prasarana embung dan lumbung tersebut merupakan modal bagi para petani untuk mengembangkan hasil pertanian khususnya padi.

Masih menurut Denty, bahwa selain pertanian, potensi lainnya adalah tembakau dan ternak. Di Jawa Tengah ternak unggulannya adalah sapi dan kambing ettawa. Kambing ettawa berukuran besar dan harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Denty menambahkan bahwa prioritas/ unggulan Jawa Tengah di sektor pertanian dan peternakan harus digali lagi potensinya secara benar dan ditunjang dengan kegiatan- kegiatan yang mendukung. Juga penting sekali karya nyata masyarakat Jawa Tengah.

” Slogan Gubernur Jawa Tengah ” Bali Deso, Mbangun Deso ” perlu diimplementasikan oleh seluruh masyarakat Jawa Tengah agar lebih maju, bermartabat dan mandiri, ” terang Denty Eka Widi Pratiwi, SE, anggota DPD Jawa Tengah ini dengan mantap. ( Aziz )

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Daerah | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.