logo seputarnusantara.com

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara- Provinsi Kalimantan Timur Datangi UGM Minta Masukan Soal Ibu Kota Baru

29 - Aug - 2019 | 14:24 | kategori:Nasional

Sleman. Seputar Nusantara. Pemkab Penajam Paser Utara beraudiensi dengan pihak Universitas Gadjah Mada (UGM).

Audiensi itu untuk menjaring masukan pasca ditetapkannya sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai ibu kota negara yang baru.

Audiensi tersebut berlangsung di ruang rapat pimpinan UGM, Kamis (29/8/2019).

Pihak Pemkab Penajam Paser Utara diwakili Kabag Pembangunan Setda Kabupaten Panajam Utara, Niko Herlambang. Niko ditemui sejumlah akademisi lintas disiplin UGM.

“Tujuan kami datang ke sini minta support dari teman-teman di UGM supaya nanti bisa bentuk kajian-kajian yang bisa menyiapkan (digunakan) kami sebagai pemerintah daerah,” ujar Niko kepada wartawan di UGM Yogyakarta, Kamis (29/8/2019).

Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Kerjasama Fakultas Geografi UGM, Dyah Rahmawati Hizbaron, menjelaskan memang rencana pembangunan ibu kota baru di Penajam Paser Utara membutuhkan kajian interdisipliner.

“Melihat kebutuhannya yang cukup mendesak, beberapa hal yang mungkin dibutuhkan (di calon ibu kota negara yang baru) adalah kajian interdisipliner terkait kajian ruang, kajian neraca sumber daya air, kemudian kebetulan pangan,” tutur Dyah.

Dyah juga menyoroti masalah humanisme di wilayah ibu kota baru. Menurutnya, pemerintah harus melakukan kajian akademik yang matang agar kelak tidak ada permasalahan sosial dan kependudukan imbas modernisasi di wilayah ibu kota baru.

“Sandang, pangan dan papan itu sudah harus tersedia, hitungan terhadap kebutuhan sumber daya air dan pangan itu sudah harus ada. Juga bagaimana pembagian ruang terhadap kebutuhan permukiman, fasilitas dan pelayanan,” tutupnya. (dtc/Ath)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Nasional | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.