logo seputarnusantara.com

7 Keutamaan Baca Al Quran Tiap Hari

3 - Okt - 2019 | 12:05 | kategori:Agama dan Opini

Jakarta. Seputar Nusantara. Membaca Al Quran menjadi sebuah ibadah yang akan mendatangkan pahala dan juga keberkahan.

Apa saja keutamaan membaca Al Quran setiap hari?

Al Quran diturunkan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW dan umat manusia sebagai mukjizat. Al Quran menjadi salah satu bukti yang tak terbantahkan akan kebenaran Nabi Muhammad SAW sebagai Rasulullah sekaligus kebenaran Islam sebagai Agama Rahmatan Lil ‘Alamiin.

Kemukjizatan Al Quran terletak pada janji Allah SWT yang akan menjamin dengan dirinya sendiri memelihara dan menjaga-Nya.

Sebagaimana firman- Nya, “Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al Quran dan sesungguhnya Kami pula yang memeliharanya.” (QS. Al-Hijr [15]:9).

Berikut ini beberapa keutamaan membaca Al Quran setelah sholat yang perlu dibaca setiap hari :

1. Mendapat Pahala Berlipat

Memiliki banyak keistimewaan, Rasulullah SAW dalam sabdanya mengatakan bahwa orang yang membaca satu huruf ayat Al Quran akan diberikan balasan oleh Allah SWT 10 kali lipat.

Rasulullah SAW bersabda :

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. Bukhari).

2. Derajatnya Diangkat

Allah SWT akan mengangkat derajat orang-orang yang selalu membaca Al Quran dan mempelajari isi kandungannya serta mengamalkannya setiap hari.

3. Mendapatkan ketenangan hati

Sebagaimana dituangkan dalam surah Al-Isra [17] ayat 82 bahwa Al Quran diturunkan oleh Allah SWT untuk menjadi obat segala macam penyakit kejiwaan. Sehingga keutamaan membaca Al Quran di rumah ataupun di Masjid akan mendapatkan ketenangan jiwa.

4. Mendapat Pertolongan Allah SWT di hari Kiamat

Keutamaan membaca Al Quran dengan tartil akan mendapatkan syafa’at (pertolongan) pada hari Kiamat.

5. Terbebas dari Aduan Rasulullah SAW pada Hari Kiamat

Memperbanyak membaca Al Quran akan mengantarkan kemudahan ketika kita menghadap Allah SWT.

6. Dihadiri Malaikat

Rumah yang dibuat untuk membaca Al Quran akan dihadiri Malaikat. Penghuni rumah akan merasakan bahwa rumahnya menjadi luas.

7. Ditempatkan Bersama Malaikat

Dikutip dalam islam.nu.or.id, orang yang mahir membaca Al Quran nantinya akan ditempatkan bersama Malaikat- Malaikat pencatat yang patuh kepada Allah yang selalu berbuat kebaikan.

Menurut Al- Qurthubi sebagaimana dikutip dalam kitab Fathul Bârî, yang dimaksud mahir di sini adalah orang yang cerdas, maksudnya, hafalan dan tajwidnya sama-sama mempunyai kualitas bagus, tidak perlu mengulang-ulang. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Agama dan Opini | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.