logo seputarnusantara.com

Tawa Novel dkk Saat Nobar ‘KPK Endgame’

8 - Jun - 2021 | 13:02 | kategori:Politik

Jakarta. Seputar Nusantara. Novel Baswedan dan beberapa pegawai yang tak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) menggelar nonton bareng (nobar) film dokumenter ‘KPK Endgame’. Suasana saat nobar saat itu diwarnai dari gelak tawa hingga haru.

Film dokumenter ini merupakan karya dari WatchDoc Indonesia yang menceritakan bagaimana para pegawai ‘disingkirkan’ lewat TWK. Film itu berisi cerita para pegawai yang akan ‘angkat kaki’ dari KPK pada November 2021.

Nobar digelar di gedung ACLC KPK, yang juga kantor Dewas, pada Senin malam (7/6). Film itu menceritakan keanehan-keanehan yang ditanyakan pada mereka saat melaksanakan TWK sebagai syarat menjadi ASN. Ada juga campuran unsur-unsur komedi soal kebingungan mereka dengan kebijakan para Pimpinan KPK.

Selain Novel Baswedan, nobar itu juga dihadiri oleh Kasatgas Penyelidik Harun Al Rasyid, Kasatgas Penyidik Rizka Anungnata, serta pegawai-pegawai lainnya. Film dokumenter itu berisi cerita dari 16 pegawai KPK yang tak lolos TWK hingga latar belakang kehidupan mereka masing-masing.

Pada saat film itu berlangsung, mereka saling menyaksikan sendiri cerita yang mereka lontarkan pada film tersebut. Ada momen di mana mereka terdiam, tertawa, hingga diakhiri dengan tepuk tangan.

Mereka juga menyaksikan bersama momen kilas balik sebelum KPK berdiri hingga saat ini. Ada yang diteror dan tetap berani mengusut kasus korupsi para pejabat. Mereka juga sempat tersenyum saat melihat momen-momen tersebut.

Ada cerita di mana Novel berjuang hingga akhirnya mata kirinya tidak bisa melihat lagi gara-gara disiram air keras. Akhirnya, mereka harus ‘tersingkirkan’ lewat TWK untuk alih status menjadi ASN.

KPK Endgame’ ini menggambarkan para pegawai melihat secara virtual pelantikan 1.271 pegawai yang dilantik menjadi ASN. Momen haru tiba-tiba menyelimuti suasana nobar.

Usai nobar, Harun yang juga menjadi aktor pada film itu, menceritakan soal KPK yang sejak dulu sudah diganggu. Cerita perjuangan mereka hingga saat ini terangkum dalam ‘KPK Endgame’ ini.

“Saya sendiri di film ini juga boleh dikatakan sebagai aktor dan memberikan testimoni terhadap apa yang kita alami mulai dari sejak KPK itu awal-awal berdiri, kemudian di masa-masa pertengahan, kemudian di masa-masa sekarang ini,” kata Harun.

“Seperti yang tadi sudah teman-teman juga saksikan, itu memang bahwa gangguan dan upaya-upaya untuk pelemahan terhadap KPK ini bukan hanya terjadi sekarang ini. Itu setidaknya dari awal-awal KPK berdiri, itu sudah ada gangguan-gangguan dan upaya-upaya untuk melemahkan, tapi sifatnya masih kecil-kecil ya,” tambahnya. (dtc/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Politik | TRACKBACK |

Silakan Mengisi Komentar

You must be logged in to post a comment.

Tulisan dengan Kategori Politik